NEWS

Pendaftaran Segera Dibuka, Ini Strategi Agar Lolos CPNS 2023

Rajin belajar hingga pahami passing grade tes CPNS.

Pendaftaran Segera Dibuka, Ini Strategi Agar Lolos CPNS 2023ilustrasi PNS (dok.BKN)
18 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu menjadi sorotan setiap tahunnya di Indonesia. Ribuan pekerjaan dengan berbagai jabatan dan tingkat kualifikasi tersedia di berbagai instansi pemerintah pusat maupun daerah. 

Bagi banyak individu, menjadi seorang PNS adalah impian yang sangat diidamkan karena menjanjikan stabilitas pekerjaan, berbagai fasilitas, dan kesempatan untuk berkontribusi dalam pembangunan negara. Tahun 2023 menjadi tahun yang sangat penting bagi mereka yang bercita-cita menjadi PNS. Karena, sebentar lagi pemerintah bakal membuka secara resmi pendaftaraan CPNS. 

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan bahwa pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 akan dibuka pada 20 September 2023 setelah diundur dari sebelumnya 17 September 2023.

Persiapan yang matang dan strategi yang tepat akan menjadi kunci utama untuk meraih kesuksesan dalam tes CPNS. Berikut adalah beberapa langkah strategis yang dapat membantu Anda lolos seleksi CPNS 2023:

Rencanakan jadwal belajar dan rajin latihan

Ilustrasi tes peningkatan pangkat golongan PNS
ilustrasi PNS (dok.BKN)

Dalam tes CPNS nanti, terdapat soal SKD terdiri dari 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP. Adapun nilai ambang batas untuk SKD atau passing grade SKD CPNS 2023 bagi peserta umum ditetapkan TWK sebesar 65, TIU 80 dan TKP 166. Nah, perhatian tips berikut agar anda lolos CPNS 2023. 

Tips awal yang bisa dilakukan ialah dengan merencanakan jadwal belajar. Luangkanlah waktu belajar secara intensif untuk berlatih soal, mempelajari kisi-kisi, dan membaca berbagai materi. Selain itu, kita harus rajin latihan soal-soal tes. Rajinlah melatih diri dengan mengerjakan soal-soal tes untuk mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. 

Pelajari kisi-kisi dan ikut bimbel

belajar bisnis melalui seminar
ilustrasi belajar (unsplash.com/Kenny Eliason)

Related Topics