NEWS

PBSI Ungkap Peran Psikolog dalam Kemenangan Atlet di All England

BNI beri apresiasi tertinggi atlet badminton.

PBSI Ungkap Peran Psikolog dalam Kemenangan Atlet di All EnglandAtlet Indonesia Raih Juara di All England 2024/Dok BNI
18 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Atlet Bulu Tangkis Indonesia meraih gelar juara tunggal putra dan mempertahankan gelar juara ganda putra di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Minggu, pada 17 Maret 2024. Keberhasilan Indonesia meraih gelar juara di All England merupakan hasil dari persiapan matang yang dilakukan oleh seluruh pihak, termasuk Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). 

Hal itu terbukti dari keputusan PBSI yang untuk kali pertama membawa anggota tim Ad Hoc ke tur Eropa, yaitu ahli gizi, ahli sports science, dan psikolog. Kehadiran psikolog dinilai amat penting  untuk mendukung mental Jonatan Christie dan kawan-kawan. Strategi ini dilakukan berdasarkan hasil French Open 2024, 5 hingga 10 Maret lalu. Apalagi, altet seperti Jonatan Cristie sempat terpukul psikologinya akibat kehilangan kakak kandungnya akibat Covid-19. 

Koordinator Psikolog Tim Ad Hoc Olimpiade Paris 2024, Lilik Sudarwati mengatakan, daya juang atlet bulu tangkis Indonesia harus ditingkatkan. Setiap pemain juga harus memiliki mental pantang menyerah dan siap bertarung hingga akhir. 

"Apabila, harus menelan kekalahan, lawan tidak boleh menang dengan mudah. Mereka tidak boleh memberikan poin-poin yang mudah," kata Likik melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (18/3). 

Jonatan akhiri puasa gelar juara tunggal putra di All England

Ilustrasi bisnis atlet badminton. (Pixabay/Salman Hossain Saif)

Adapun dalam laga final tunggal putra turnamen BWF Super 1.000 itu, Jonatan Christie meraih gelar juara setelah membungkam rekan senegaranya, Anthony Sinisuka Ginting dengan skor 21-15, 21-14 dalam durasi 55 menit. 

Adapun gelar juara tunggal putra All England Open terakhir kali direbut atlet Indonesia Hariyanto Arbi pada 1994. Saat itu, Hariyanto Arbi menyingkirkan kompatriotnya, Ardy Bernardus Wiranata. 

Kemudian, dalam final ganda putra, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto berhasil mempertahankan gelar juara All England Open setelah menggilas peraih medali perunggu Olimpiade 2020 Tokyo asal Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik dengan skor 21-16, 21-16. 

BNI beri apresiasi tertinggi atlet badminton

BNI memberikan apresiasi kepada salah satu atlet kebanggaan Indonesia Anthony Ginting. (Dok. BNI)
BNI memberikan apresiasi kepada salah satu atlet kebanggaan Indonesia Anthony Ginting. (Dok. BNI)

Related Topics