NEWS

Waspadai Pencurian Data Bank Dengan Modus Klik View di Whatsapp

Kenali dan hindari modus klik view .

Waspadai Pencurian Data Bank Dengan Modus Klik View di WhatsappIMBAUAN BANK MANDIRI UNTUK MEWASPADAI PENCURIAN DATA/DOK BANK MANDIRI
26 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Modus pencurian data nasabah bank dengan tujuan meretas dan menguras saldo kini semakin marak. 

Setelah sebelumnya ada modus dengan mengirimkan file apk dan Pdf. Kini muncul modus baru untuk mengarahkan calon korban untuk klik tombol view di pesan Whatsapp (WA). 

"Dulu pakai format apk., sekarang pakai action button berlabel "View" atau "Lihat" . Ada saja memang modus penipuan untuk mencuri data kita. Jangan sampai lengah ya," tulis postingan Instagram resmi Bank Mandiri yang dikutip di Jakarta, Rabu (26/7).

Kenali dan hindari modus klik view

Whatsapp
ilustrai Whatsapp (unsplash.com/Christian Wiediger)

Bagi kita nasabah perbankan harus bisa mengenali dan mengantisipasi kondisi penipuan tersebut. Biasanya, pelaku kejahatan akan mengirimkan pesan WA berupa file gambar buram yang membuat korban terpancing untuk mengklik view. 

Untuk itu, bila ada pesan WA dengan nomor tak dikenal yang mengatasnamakan bank dan dirasa mencurigakan, harap nasabah melakulan block dan laporkan atau report. 

Pastikan nasabah untuk berkonsultasi dengan akun media sosial atau akun pesan pribadi yang terverifikasi. Selain itu, nasabah juga diimbau untuk selalu menjaga data pribadi termasuk pin dan data perbankan.

Related Topics