Comscore Tracker
NEWS

6 Kunci Sukses Warren Buffett Jadi Milliarder yang Wajib Ditiru

Rahasia jadi miliarder.

6 Kunci Sukses Warren Buffett Jadi Milliarder yang Wajib Ditiruilustrasi Warren Buffett (Reuters.com/Jonathan Stemple)

by Surti Risanti

Warren Buffett adalah merupakan orang terkaya kelima di dunia versi majalah Forbes 2022. Beliau dikenal sebagai Oracle of Omaha (penyihir dari Omaha) karena kesuksesannya dalam berinvestasi.

Sejak umur 11 tahun ia sudah mengambil langkah berani berinvestasi dengan membeli saham. Bahkan, di usia Buffett saat menyentuh 13 tahun, ia sudah mengajukan pajak pertamanya.

Terbukti, di usianya yang kini hampir 91 tahun, ia telah berhasil menjadi seorang miliarder dan mempunyai lebih dari 60 perusahaan. 

Di tahun 2021, majalah Forbes merilis harta kekayaan Buffett mencapai 96 miliar dolar AS. 

Pada tahun 2022, CEO Berkshire Hathaway ini naik peringkat menjadi orang terkaya kelima dengan total kekayaannya 118 miliar dolar AS.

Meski bergelimangan harta, Buffett adalah sosok yang tidak sombong dan dermawan. 

Total pada tahun ini ia telah mendonasikan lebih dari 45 miliar dolar AS dari hartanya untuk yayasan anak-anak dan Gates Foundation. Tak sampai disitu, ia juga berjanji akan menyumbangkan 99 persen harta kekayaannya untuk kegiatan amal lainnya.

Tentu saja kesuksesan ini tidak ia bangun dalam waktu semalam. Banyak rintangan dan beragam perjuangan yang Buffett lewati. Berikut kunci sukses Warren Buffett hingga bisa menjadi miliarder

1. Investasi pada diri sendiri

pelatihan adalah cara investasi pada diri sendiri

Kiat untuk meraih kesuksesan yang diajarkan oleh Buffett adalah investasi pada diri sendiri. Menurutnya, aset terbesar pada setiap orang adalah kemampuan dirinya sendiri.

Ada berbagai bentuk investasi diri sendiri, seperti mengikuti pelatihan keterampilan untuk bisnis, menambah ilmu pengetahuan, serta bentuk pengembangan diri lainnya.

Hal ini adalah sebagai modal awal bagi Anda untuk mencapai tujuan-tujuan hidup tertentu.

2. Hidup sederhana dan berhemat

uang koin

Meski memiliki kekayaan yang berlimpah, Buffett memiliki prinsip untuk hidup sederhana atau membiasakan dirinya berhemat. Ia senang berbelanja mobil yang memiliki berbagai penawaran atau potongan dengan harga menarik. Bahkan, ia masih tetap tinggal dirumah lamanya yang ia bangun sejak tahun 1958.

Sederhananya, Warren Buffett lebih memilih untuk mengalihkan uang yang ia miliki untuk berinvestasi daripada digunakan berbelanja untuk kebutuhan yang sebenarnya bisa ditunda.

3. Tidak hidup berhutang

Ilustrasi pusing memegang kepala

Kunci sukses Warren Buffett menjadi miliarder selanjutnya adalah tidak membiasakan diri untuk terjebak ke dalam berhutang. Laki-laki 91 tahun ini sama sekali tidak pernah menggunakan kartu kredit atau mengambil cicilan mobil.

Buffett membiasakan dirinya untuk tidak berhutang. Apabila sudah terlanjur, biasanya ia akan sesegera mungkin melunasinya. 

Di samping ketidaksukaan Buffett dalam berhutang, tentu saja ini dilakukan agar menghemat bunga yang dibayarkan nantinya. Kebiasaan ini sebenarnya telah menjadi kebiasaan investor lainnya juga.

4. Perencanaan kehidupan

Perencanaan kehidupan

Buffett pernah menantang semua orang untuk membuat 25 daftar hal yang ingin dilakukan beberapa tahun mendatang. 

Meski terdapat 25 hal yang ingin dilakukan, orang terkaya kelima di dunia ini menekankan untuk melakukan lima daftar teratas sebagai prioritas utama untuk dikerjakan.

Buffett pernah bertanya pada pilot pribadinya mengapa sang pilot masih bekerja untuknya. Ia menyarankan sang pilot untuk memilih untuk mengejar impian atau tujuannya.

5. Berkomitmen

Bersikap optimis adalah salah satu cara memulai usaha

Hal yang membuat Buffett sukses adalah ia berkomitmen atau berpegang teguh pada lima hal yang menjadi prioritas utama. Akan lebih baik jika Anda fokus mengerjakan kelima hal tersebut dahulu, kemudian berlanjut ke 20 hal lainnya.

Sebenarnya, mencoba banyak hal tidak ada salahnya. Akan tetapi, menurut Buffett, terlalu banyak mengerjakan hal secara sekaligus akan memberikan tekanan pada masa mendatang.

6. Keberanian mengambil peluang

yakin dengan diri sendiri

Hal yang membuat ia berbeda dengan para investor lainnya adalah Buffett berani mengambil peluang. Saat para investor di seluruh dunia memilih untuk melepaskan investasi, ia tidak melakukan hal serupa.

Pada tahun 2008–2009, terjadi krisis keuangan yang membuat investor menjadi panik dan takut. CEO Berkshire Hathaway berani masuk mendukung Goldman Sachs dengan kesepakatan senilai 5 miliar dolar AS. 

Hasilnya, saat Goldman dan bank kembali pulih, Berkshire berhasil menjaring miliaran dollar.

Itulah tadi enam rahasia sukses Warren Buffett hingga bisa menjadi orang terkaya kelima di dunia. Untuk bisa sukses, pasti membutuhkan kerja keras dan kesabaran dalam meraihnya. Apakah Anda ingin mencobanya?

Related Articles