NEWS

6 Kunci Sukses Warren Buffett Jadi Milliarder yang Wajib Ditiru

Rahasia jadi miliarder.

6 Kunci Sukses Warren Buffett Jadi Milliarder yang Wajib Ditiruilustrasi Warren Buffett (Reuters.com/Jonathan Stemple)

by Surti Risanti

22 August 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Warren Buffett adalah merupakan orang terkaya kelima di dunia versi majalah Forbes 2022. Beliau dikenal sebagai Oracle of Omaha (penyihir dari Omaha) karena kesuksesannya dalam berinvestasi.

Sejak umur 11 tahun ia sudah mengambil langkah berani berinvestasi dengan membeli saham. Bahkan, di usia Buffett saat menyentuh 13 tahun, ia sudah mengajukan pajak pertamanya.

Terbukti, di usianya yang kini hampir 91 tahun, ia telah berhasil menjadi seorang miliarder dan mempunyai lebih dari 60 perusahaan. 

Di tahun 2021, majalah Forbes merilis harta kekayaan Buffett mencapai 96 miliar dolar AS. 

Pada tahun 2022, CEO Berkshire Hathaway ini naik peringkat menjadi orang terkaya kelima dengan total kekayaannya 118 miliar dolar AS.

Meski bergelimangan harta, Buffett adalah sosok yang tidak sombong dan dermawan. 

Total pada tahun ini ia telah mendonasikan lebih dari 45 miliar dolar AS dari hartanya untuk yayasan anak-anak dan Gates Foundation. Tak sampai disitu, ia juga berjanji akan menyumbangkan 99 persen harta kekayaannya untuk kegiatan amal lainnya.

Tentu saja kesuksesan ini tidak ia bangun dalam waktu semalam. Banyak rintangan dan beragam perjuangan yang Buffett lewati. Berikut kunci sukses Warren Buffett hingga bisa menjadi miliarder

1. Investasi pada diri sendiri

pelatihan adalah cara investasi pada diri sendiriilustrasi pelatihan (unsplash.com/Kenny Eliason)

Kiat untuk meraih kesuksesan yang diajarkan oleh Buffett adalah investasi pada diri sendiri. Menurutnya, aset terbesar pada setiap orang adalah kemampuan dirinya sendiri.

Ada berbagai bentuk investasi diri sendiri, seperti mengikuti pelatihan keterampilan untuk bisnis, menambah ilmu pengetahuan, serta bentuk pengembangan diri lainnya.

Hal ini adalah sebagai modal awal bagi Anda untuk mencapai tujuan-tujuan hidup tertentu.

2. Hidup sederhana dan berhemat

uang koinilustrasi uang (unsplash.com/Annie Spratt)