NEWS

Kenapa Set Top Box Mudah Meledak? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Gunakan set top box bersertifikasi Kominfo.

Kenapa Set Top Box Mudah Meledak? Cari Tahu Penyebab dan Solusinyailustrasi Advance STB DVB-T2 (shopee.sg/missleeshop532)
05 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Kenapa set top box mudah meledak? Sebenarnya hal tersebut karena alat yang Anda gunakan adalah abal-abal atau berkualitas rendah.

Semenjak pemerintah telah menonaktifkan siaran televisi analog, set top box atau STB sudah menjadi alat bantu yang sangat penting agar masyarakat bisa menikmati siaran televisi digital.

Program Analog Switch Off (ASO) dilakukan secara bertahap dimulai dari Rabu, 2 November 2022 hingga sekarang. 

Bagi Anda yang masih memiliki TV analog, Anda tidak perlu membeli TV digital yang baru untuk menikmati siaran. Cukup dengan menambahkan STB pada perangkat televisi agar sinyal digital bisa ditangkap. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini!

Kenapa set top box mudah meledak?

TV analog
ilustrasi TV analog (pexels.com/Amateur Hub)

Pentingnya alat tersebut membuat banyak sekali penjual yang menawarkan STB abal-abal dengan harga yang cukup murah. 

Hal ini harus Anda waspadai karena STB tersebut memang bisa digunakan, tapi tidak akan bertahan lama, mudah rusak, atau bahkan bisa meledak.

Untuk menghindari produk abal-abal, Anda bisa memilih STB yang telah mengantongi sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Selain itu, bagi Anda yang ingin mengecek perangkat TV tersebut bisa langsung mengunjungi portal e-sertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Adapun persyaratan teknis Digi-TV dan STB telah diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Telekomunikasi Nomor 4 Tahun 2019 yang telah disahkan pada 28 Juni 2019.

Daftar STB Bersertifikat Kominfo

Set Top Box untuk TV Digital Anda
ilustrasi TV Digital (unsplash.com/Piotr Cichosz)

Related Topics