NEWS

5 Penyebab Anda Lebih Sering Konsumsi Camilan Saat WFH

Ternyata ada penjelasan ilmiah di balik fenomena itu.

5 Penyebab Anda Lebih Sering Konsumsi Camilan Saat WFHCamilan. (Shutterstock/FabrikaSimf)

by Tanayastri Dini Isna KH

08 October 2021

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bekerja dari rumah (work from home/WFH) menjungkirbalikkan dunia banyak orang, Anda bisa saja termasuk salah satunya. Selain mengikis batas antara kehidupan pribadi dan profesional, WFH juga mengubah kebiasaan ketika bekerja. Contoh, membuat Anda jadi lebih sering mengonsumsi camilan.

Ternyata, ada penjelasan ilmiah di balik fenomena seringnya seseorang memakan camilan ketika bekerja dari rumah. Menurut survei oleh peneliti pasar di Freedonia Group pada Agustus dan September 2021, 31 persen orang Amerika mengaku lebih banyak mengonsumsi kudapan karena pandemi. Yang menarik, 51 persen responden yang WFH ternyata mengudap (ngemil) lebih banyak ketimbang yang bekerja dari kantor.

Menurut para ahli, ternyata ada tujuh hal yang memicu Anda lebih sering berburu camilan ketika bekerja dari rumah. Apa saja? Mengutip Fortune, Jumat (8/10), berikut ini ringkasan informasinya.

1. Dekat dengan Dapur

Di rumah, akses Anda ke dapur atau sepen (pantry) lebih dekat daripada saat berada di kantor. “Akses ke kudapan yang lebih dekat membuat Anda makan kudapan lebih banyak,” kata Kepala Tim Makanan di Freedonia, Jennifer Mapes-Christ.

Sudah begitu, sekali Anda membuka makanan ringan, maka keinginan untuk menghabiskannya sekaligus akan muncul. Sebab menurut Profesor di Sekolah Manajemen Yale, Ravi Dhar, kebanyakan orang tak cukup bila makan kudapan setengahnya saja.

2. Jam Kerja

Ketika Anda bekerja dari rumah, maka jam kerja akan menjadi lebih fleksibel, kata Mapes-Christ. “Itu artinya Anda berpotensi melupakan sesi makan (utama) dan beralih mengonsumsi makanan ringan,” imbuhnya.