NEWS

Harta Syahrul Yasin Limpo Rp20 M: Penuh Tanah dan Kendaraan

Tanah dan bangunan Syahrul bernilai Rp11,3 M.

Harta Syahrul Yasin Limpo Rp20 M: Penuh Tanah dan KendaraanIlustrasi rata-rata kekayaan orang Indonesia. (Pixabay/PublicDomainPictures)
02 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Nama Syahrul Yasin Limpo menjadi sorotan pemberitaan dan perbincangan warganet, setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dinasnya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Setidaknya ada puluhan miliar uang yang penyidik KPK temukan dari penggeledahan tersebut, menurut Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri di akhir pekan lalu, dikutip dari Antara, Senin (2/10). Selain itu, ada pula sejumlah senjata api dan barang bukti berupa dokumen.

Tindakan itu merupakan kelanjutan dari penyelidikan KPK atas dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Adapun, sejak Juni lalu, Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur Rahayu mengumumkan dimulainya rangkaian penyelidikan tersebut.

Tepatnya pada 19 Juni 2023, Syahrul Yasin Limpo juga telah dipanggil oleh KPK guna memberikan keterangan yang berhubungan dengan dugaan kasus itu. Ia menyatakan akan bersikap kooperatif dalam proses penyelidikan.

Di balik kasus tersebut, harta dan kekayaan bersih milik Syahrul Yasin Limpo pun menjadi buah bibir.

Kekayaan Syahrul Yasin Limpo berdasarkan laporan di LHKPN

Mentan, Syahrul Yasin Limpo.
Mentan, Syahrul Yasin Limpo. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Dilansir dari laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) KPK, berikut ini perincian tentang jumlah harta Syahrul Yasin Limpo yang dilaporkan pada 31 Januari 2023:

Pertama, total harta kekayaan Syahrul Yasin Limpo hampir Rp20,06 miliar, yang terdiri dari tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, harta bergerak lainnya, serta kas dan setara kas.

Jumlah kekayaan Syahrul yang berbentuk tanah dan bangunan adalah Rp11,31 miliar. Itu terdiri dari 9 aset di Kabupaten/Kota Gowa, yang berasal dari warisan serta hasil sendiri; ada pula tiga tanah dan bangunan di Kabupaten/Kota Makassar.

Sementara itu, alat transportasinya ada tujuh, dengan total nilai hampir Rp1,48 miliar yang meliputi: mobil Toyota Alphard Minibus (2004), Mercedes Benz Sedan (2004), Suzuki APV Minibus (2004), Mitsubishi Galant Sedan (2000), Toyota Kijang innova Minibus (2014), Jeep Cherokee Jeep (2011), serta motor Harley Davidson (1986).

Lalu, harta bergerak lainnya milik Syahrul Yasin Limpo berjumlah Rp1,15 miliar, sedangkan kas dan setara kasnya bernilai Rp6,12 miliar.

Demikian informasi terkait kekayaan Syahrul Yasin Limpo, Mentan yang rumah dinasnya digeledah oleh KPK.

Related Topics