NEWS

Investasi Emas Diminati, Apa Perbedaan Emas Antam dan Emas UBS?

Emas Antam dan UBS berbeda dari harga hingga lokasi beli.

Investasi Emas Diminati, Apa Perbedaan Emas Antam dan Emas UBS?Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Emas Logam Mulia Antam Denpasar Bali, Kamis (9/9/2021). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra
22 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Investasi emas hingga kini masih dimati sebagai salah satu instrumen yang dinilai aman dan minim risiko. Di pasar logam mulia, ada dua jenis merek emas yang dikenal yakni Antam dan UBS. Apa perbedaan emas Antam dan emas UBS?

Perbedaan keduanya hanya terletak pada harga, melainkan sejumlah aspek seperti perusahaan pencetaknya. 

Sedikit catatan, harga emas Antam hari ini naik Rp6 ribu menjadi Rp989 ribu per gram. Sementara harga emas UBS hari ini adalah Rp994 per gram, berdasarkan data terbaru dari laman Pegadaian.

Pencetak dari emas Antam dan UBS berbeda. Dengan demikian, satuan, sertifikat, serta desain keduanya juga bervariasi bergantung produsennya.

Misalnya, dari segi koleksi khusus, emas Antam dan UBS hadir dengan desain yang tak seiras. Masing-masing penerbit juga memiliki platform daring. 

Berikut ini rangkuman informasi untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan emas keduanya. 

Perbedaan emas Antam dan emas UBS

Emas ANTAM. ijp2726/Shutterstock

1. Penerbit

Emas Antam dicetak dan diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Sebelumnya, ANTM termasuk salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Akan tetapi, pemerintah mengalihkannya menjadi entitas anak holding PT Inalum (Persero).

Sementara emas UBS diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera atau UBS Gold, perusahaan swasta yang berdiri sejak 1981 di Surabaya. Di luar emas batangan, UBS juga menaungi merek perhiasan Venus dan Starshine.

2. Lokasi Pembelian

Secara luring, emas Antam bisa dibeli dan dijual di berbagai Butik Emas LM yang tersebar di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Medan, dan Palembang. Pusat penjualannya berada di Kawasan Pulogadung, Jakarta Timur.

Sementara itu, UBS tak menyediakan pusat penjualan seperti Antam. Namun, emas UBS bisa Anda beli di pelbagai toko emas.

Secara daring, emas Antam dipasarkan lewat situs resmi logammulia.com. Sementara emas UBS dijajakan di situs ubslifestyle.com. Kedua jenis emas juga bisa dibeli di situs Pegadaian serta platform resmi penjualan emas daring.

3. Koleksi dan Ukuran

Untuk emas batangan, Antam menghadirkan pilihan ukuran yang bervariasi, yakni: 0,5 gram; 1 gram; 2 gram; 3 gram; 5 gram; 10 gram; 25 gram; 50 gram; 100 gram; 250 gram; 500 gram; hingga 1000 gram.

Selain itu, emas Antam juga memiliki Gift Series, antara lain: seri ulang tahun, pernikahan, hari kasih sayang, tahun baru imlek, hingga edisi khusus idulfitri jelang lebaran.

Di sisi lain, emas UBS tersedia dalam ukuran 0,5 gram; 1 gram; 2 gram; 5 gram; 10 gram; 25 gram; 50 gram; 100 gram; 250 gram; 500 gram; dan 1000 gram. Koleksinya pun beragam, dari UBS x Emoji; kalung Paperlina; Rachel Rose; Ultima; cincin Millie Molly; hingga Edelweiss.

4. Dimensi

Sekilas, emas batangan Antam lebih tebal dan lebih kecil daripada emas batangan UBS yang dimensinya cenderung lebih lebar. Akan tetapi, keduanya sama-sama mengandung emas 99,99 persen.

5. Sertifikat

Emas Antam mengantongi sertifikat London Bullion Market Association (LBMA), membuatnya lebih mudah dijual kembali jika Anda berada di luar negeri. Selain itu, Anda juga bisa memindai orisinalitas emas Antam lewat kode QR di sertifikatnya.

Sementara itu, emas UBS mempunyai sertifikat ISO 9001: 2015, SNI dari Kementerian Perindustrian, dan ISO 17025: 2017. UBS juga memiliki lisensi resmi Disney untuk memproduksi perhiasan dan logam mulia dengan edisi khusus Disney.

Harga emas hari ini: Antam dan UBS

Harga Emas Antam dan UBS 22 Maret 2022. (Pegadaian.co.id)

Related Topics