Comscore Tracker
NEWS

Tugas G20 Rampung, Menteri Basuki Mendadak Jadi Fotografer Jokowi

Menteri PUPR Basuki dikenal memiliki hobi fotografi.

Tugas G20 Rampung, Menteri Basuki Mendadak Jadi Fotografer JokowiPresiden Jokowi bersama jajaran Menteri di Tahura. (Biro Media G20)

by Tanayastri Dini Isna KH

Bali, FORTUNE - Ada pemandangan tak biasa di sela kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bali. Kepala negara terlihat didampingi oleh fotografer spesial, Rabu (16/11), saat menyambangi Taman Hutan Raya bersama sejumlah tamunya, Rabu (16/11). Sosok itu adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Basuki terlihat bergabung dengan tim dokumentasi kepresidenan di agenda terbatas di tengah rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia. Berbaju putih dan topi yang dikenakan terbalik, gaya nyentrik Basuki mencuri perhatian. Bak fotografer profesional, Basuki mengalungkan kamera lengkap dengan lensa tele, sembari berjalan di beriringan dengan tim dokumentasi.

Beberapa kali ia membidik kamera ketika rombongan Jokowi menelusuri hutan bakau tersebut. Ia juga aktif bergerak dan berhenti beberapa kali demi mengambil gambar.

Dalam agenda pagi ini Jokowi mengundang deretan pemimpin negara G20 mendatangi hutan mangrove tersebut. Acara itu dilanjutkan dengan sesi mengobrol secara kasual, lalu ada simulasi penanaman setelahnya.

Menteri Basuki hobi fotografi

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di Kalimantan Timur.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra Atmawidjaja mengatakan Basuki sudah membawa kameranya sejak acara makan malam bersama para tamu negara, Selasa (16/11), di Garuda Wisnu Kencana. “Ketika acara selesai, langsung angkat kamera. Ya itu memang hobinya,” ujarnya kepada pers di Nusa Dua, Bali.

Selain karena hobi, tugas Kementerian PUPR pun sudah rampung per 15 November 2022. Dari World Water Forum hingga kemitraan bilateral dengan Korea, Uni Emirat Arab, dan Jepang.

"Beliau tinggal mendampingi presiden. Selebihnya ada waktu luang, sekaligus menyalurkan hobinya," katanya. 

Ini bukan kali pertama Basuki menjalankan hobi di sela-sela agenda. Pada Senin (14/11), ia juga mengabadikan sejumlah gaya Menteri Keuangan, Sri Mulyani di Hotel Apurva, Kempinsky, Bali.

Di momen itu, Sri Mulyani mengobrol dengan Basuki setelah merampungkan acara hari kelima KTT G20 Indonesia. “Pak Basuki sedang sibuk memotret lobi Hotel Apurva-Kempinsky Bali, tempat Presiden Jokowi akan menerima kedatangan para pimbinan negara G20 besok (15/11),” tulis Sri Mulyani di unggahan Instagramnya.

Delapan bulan lalu, Basuki juga aktif memakai kameranya pada Ritual Kendi Nusantara di titik nol IKN Nusantara. Bahkan menawarkan mengambil gambar orang lain lebih dulu, sebelum akhirnya ikut berfoto dengan jajarannya. Begitu pula di acara Jambore Peternakan Nasional pada lima tahun lalu.

“Ini (G20) kan juga event besar yang langka ya,” kata Endra.

Related Articles