TECH

Mengenal Creator Marketplace, Pembaruan Terkini Instagram Indonesia

Mempertemukan para kreator konten dan brand.

Mengenal Creator Marketplace, Pembaruan Terkini Instagram Indonesiailustrasi Instagram (unsplash.com/Souvik Banerjee)
11 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perusahaan teknologi, Meta, melalui platform Instagram, mulai mengaktifkan fitur Creator Marketplace bagi para pengguna di sepuluh negara, termasuk Indonesia.

Strategic Partner Manager, APAC Global Partnerships Meta Indonesia, Rifky Septiaji, mengatakan bahwa Creator Marketplace adalah tools yang menghubungkan para kreator konten dengan brand. “Perluasan ini akan menyederhanakan penemuan peluang baru bagi para kreator dan brand, sehingga dapat mendorong lebih banyak kolaborasi dan kemitraan baru di Instagram,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Selasa (11/6).

Creator Marketplace ini merupakan bagian dari upaya membangun cara-cara baru bagi orang-orang untuk mendalami hal-hal yang mereka sukai dengan orang lain dan menemukan minat baru.

Untuk memahami lebih lanjut tentang fitur ini, Fortune Indonesia berikut ini akan mengulasnya lebih lanjut.

Penjelasan

Tampilan fitur Creator Marketplace.
Tampilan fitur Creator Marketplace. (dok. Meta)

Rifky mengatakan, Creator Marketplace merupakan fitur yang memfasilitasi kolaborasi yang mudah antara kreator dan brand. Kreator dapat meningkatkan visibilitas melalui profil dan portofolio, mengelola kemitraan dengan folder pesan khusus, serta menunjukkan karya dan minat unik mereka.

Dengan demikian, hal ini akan membuka lebih banyak peluang penemuan oleh brand dan kemitraan untuk bekerja sama dengan para kreator konten.

Sementara, bagi brand, Creator Marketplace menyederhanakan pencarian terhadap kreator yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Brand dapat mencari profil kreator konten dengan insights yang relevan, membuat dan mengelola kampanye konten bermerek, serta melacak kemajuan proyek dalam platform. Penemuan mitra dan manajemen kampanye yang efisien ini diyakini akan menghemat waktu dan sumber daya mereka.

Adapun, semua konten bermerek harus diungkapkan dengan label kemitraan berbayar di Feed, Stories, Live, Reel, dan video Instagram. Namun, partisipasi dalam Creator Marketplace tidak diwajibkan untuk menggunakan label kemitraan berbayar.

Fitur ini sebenarnya sudah diluncurkan pada Juli 2022, namun baru saat ini diaktifkan untuk para pengguna Instagram di Indonesia.

Mekanisme

konten kreator
ilustrasi konten kreator (unsplash.com/AQVIEWS)

Related Topics