Comscore Tracker
TECH

Daftar 15 Tempat Kerja Terbaik versi LinkedIn, Telkom Juaranya

Lis dihuni oleh perusahaan BUMN, swasta, dan multinasional.

Daftar 15 Tempat Kerja Terbaik versi LinkedIn, Telkom JuaranyaPiqsels

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – LinkedIn, situs web jaringan profesional, baru saja merilis LinkedIn Top Companies 2022 Indonesia, yang merupakan daftar 15 tempat kerja terbaik di Indonesia. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk ditahbiskan sebagai juara dalam lis tersebut.

LinkedIn menyusun pemeringkatan tersebut dengan premis sejumlah perusahaan ini berinvestasi pada karyawannya dalam membangun karier yang sukses untuk jangka panjang.

“Perusahaan-perusahaan tersebut menawarkan stabilitas di dunia kerja yang selalu berubah. Mereka dapat merekrut dan juga mempertahankan karyawannya,” demikian rilis resmi LinkedIn dikutip Senin (11/4).

Dalam membuat lis ini, LinkedIn menganalisis data dari platformnya yang dikelompokkan dalam sejumlah elemen penting untuk kemajuan karier, yakni kemampuan untuk maju, pengembangan keahlian, stabilitas perusahaan, peluang eksternal, daya tarik perusahaan, keragaman gender, dan keragaman latar belakang pendidikan.

Daftar ini dimaksudkan untuk membantu para profesional di pelbagai tahap, baik yang ingin berganti jenjang karier, masuk kembali ke dunia kerja setelah jeda, atau berupaya untuk mengembangkan keahlian baru.

Berikut 15 perusahaan terbaik versi LinkedIn, yang dihuni oleh pelbagai perusahaan mulai dari BUMN, swasta domestik, hingga multinasional.  

  1. Telkom Indonesia
  2. Bank Mandiri
  3. Sea Group (induk Shopee, Garena, SeaMoney)
  4. Djarum
  5. Bank OCBC NISP
  6. Jardine Matheson (induk Astra International)
  7. GoTo Group
  8. Unilever
  9. Sinar Mas
  10. Allianz
  11. Bank CIMB Niaga
  12. Philip Morris International
  13. Kalbe Farma
  14. Bank Danamon Indonesia
  15. Trakindo Utama

LinkedIn turut menyoroti soal perubahan dunia kerja pada 2021 ketika para pekerja profesional berpindah pekerjaan dalam skala besar. Perusahaan pun diharapkan dapat berinovasi untuk menarik dan mempertahankan karyawan, baik dengan memperbanyak peluang kenaikan jabatan dan menguasai keahlian baru atau dengan memberikan fleksibilitas kerja.

Capaian dan program positif

Shutterstock/Rawpixel.com

Menurut LinkedIn, Telkom menduduki peringkat pertama berkat sejumlah pencapaian positif. BUMN ini tahun lalu diganjar penghargaan “Most Honored Organization of the Year” oleh Asia Pasific Stevie Awards atas kesuksesannya dalam membangun inovasi digital. Telkomsel, anak usaha dari Telkom, turut menerima penghargaan Perusahaan Terbaik untuk Bekerja di Asia dari HR Asia pada 2021.

Direktur Human Capital Management Telkom, Afriwandi, mengatakan perseroan menyambut baik penghargaan dari LinkedIn tersebut. Menurutnya, penghargaan ini diperoleh tak lepas dari kontribusi seluruh karyawan Telkom.

“Menjadi peringkat pertama tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi kami sekaligus bukti dari hasil kerja keras dan kerja cerdas seluruh insan Telkom,” ujar Afriwandi dalam keterangan resmi kepada media.

Bank Mandiri ada pada peringkat kedua karena dianggap memberikan kesempatan kerja yang setara bagi perempuan. Pekerja perempuan Bank Mandiri mencapai 52 persen dari total karyawan. Bahkan, 32 persen posisi manajemen atas turut diisi oleh perempuan. Bank pelat merah ini juga memberikan gaji yang setara bagi laki-laki dan perempuan.

Sementara, Sea Group menonjol berkat ikhtiarnya menawarkan beasiswa Sea untuk mahasiswa Indonesia pada 2022. Mereka tengah aktif merekrut pekerja, baik melalui program magang maupun program Global Leaders untuk lulusan baru. Induk Shopee ini juga baru mendirikan Sea Labs Indonesia dengan ambisi merekrut 1.000 individu berkemampuan digital hingga 2023.

Lalu, PT Djarum, meski di tengah pandemi, membayar tunjangan hari raya para buruhnya tepat waktu serta memastikan keselamatan mereka dengan memberikan vaksinasi COVID-19 hingga dosis ketiga. Sedangkan, bank OCBC NISP memiliki program Graduate Talent dan vaksinasi massal khusus pegawai.

Related Topics

Related Articles