Comscore Tracker
TECH

Gaji Ojol AirAsia Rp10 Juta Sebulan, Begini Respons AirAsia Indonesia

AirAsia SuperApp belum buka pendaftaran mitra.

Gaji Ojol AirAsia Rp10 Juta Sebulan, Begini Respons AirAsia IndonesiaShutterstock/NYC Russ

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – PT AirAsia Indonesia Tbk merespons kabar perkembangan bisnis AirAsia Ride, layanan transportasi daring bagian dari AirAsia SuperApp. Maskapai penerbangan itu menjelaskan soal keterkaitan perseroan dengan AirAsia Ride.

Dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/8), manajemen AirAsia Indonesia menyatakan bahwa AirAsia Ride merupakan layanan yang diselenggarakan oleh AirAsia SuperApp. Dengan demikian, layanan tersebut merupakan entitas yang berbeda dari AirAsia Indonesia.  

“Perseroan tidak memiliki keterkaitan (dengan AirAsia Ride),” kata Director and Head of Corporate Secretary AirAsia Indonesia, Leon Ruben.

Pernyataan AirAsia Indonesia ini merupakan tanggapan atas pemberitaan belakangan ini soal AirAsia Ride yang menawarkan gaji bulanan kepada para mitra pengemudi di Indonesia.

Sebelumnya, Capital A Berhad, perusahaan induk dari AirAsia SuperApp, menawarkan status karyawan tetap kepada para mitra pengemudi dengan gaji Rp10 juta per bulan.  Pengangkatan status mitra menjadi karyawan tetap ini diklaim merupakan yang pertama di Asia.

Manajemen AirAsia Indonesia menyatakan perseroan tidak mengetahui rencana pengembangan layanan AirAsia Food dan AirAsia SuperApp Indonesia.

“Perseroan dengan ini memastikan bahwa tidak terdapat kejadian/informasi penting lainnya yang bersifat material dan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perseroan serta dapat mempengaruhi harga saham perseroan,” demikian keterangan AirAsia Indonesia.

Rekrutmen mitra

Kebijakan AirAsia yang memberikan status karyawan tetap serta gaji bulanan kepada para mitra pengemudinya ini baru berlaku di Malaysia, Jumat (5/8). Namun, AirAsia sempat menyampaikan akan mengembangkan inisiatif serupa di semua negara yang menjadi wilayah operasinya, meski belum jelas kapan bakal diterapkan.

Manajemen AirAsia SuperApp Indonesia mengatakan perusahaan mengapresiasi antusiasme masyarakat Indonesia untuk bergabung bersama AirAsia SuperApp sebagai mitra pengemudi internal.

“Namun, informasi yang dapat kami sampaikan, sampai saat ini airasia SuperApp Indonesia belum membuka rekrutmen mitra pengemudi internal,” demikian manajemen AirAsia Super App Indonesia dalam keterangan kepada wartawan. Menurutnya, proses rekrutmen mitra pengemudi internal baru diberlakukan pada AirAsia SuperApp Malaysia untuk layanan Airasia Food dan Xpress.

Manajemen AirAsia SuperApp Indonesia menyebut bakal menyampaikan kepada publik lebih lanjut jika terdapat informasi terbaru dari bisnis airasia SuperApp di dalam negeri.

Sebagai tambahan, pengemudi AirAsia ini juga mendapat tawaran fasilitas lain seperti tabungan Employee Providence Fund (EPF) dan Social Security Organizations (Socso), jaminan kesehatan, cuti tahunan, dan tunjangan perjalanan.

“Kami sangat senang menyambut para pengendara ke dalam keluarga kami. Seperti yang diketahui banyak orang, AirAsia selalu tentang manusia, dan kami percaya bahwa manusia adalah aset terbesar kami. Ini berlaku di semua unit bisnis Capital A, termasuk AirAsia SuperApp,” kata CEO Capital A, Tony Fernandes, dalam keterangan resmi.

Related Articles