Comscore Tracker
TECH

Huawei Rilis Matebook D16, Laptop Layar Besar dengan Performa Andal

Huawei memungkinkan produktivitas hingga gim.

Huawei Rilis Matebook D16, Laptop Layar Besar dengan Performa AndalHuawei Matebook D16. Dok/Huawei Device Indonesia.

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Huawei Device Indonesia resmi memperkenalkan varian laptop seri D terbarunya. Matebook D16 menitikberatkan pada ukuran layar yang besar, fitur inovatif, dan tenaga yang andal.

“Huawei selalu berkomitmen menawarkan kualitas terbaik dari yang terbaik pada setiap inovasi produk yang diciptakan, termasuk pada Huawei MateBook D16 yang akan resmi diluncurkan tidak lama lagi,” kata Patrick Ru, Country Head of Huawei Device Indonesia, dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (19/7). Rencananya, gadget ini akan dirilis pada 27 Juli.

Matebook D16 ditenagai dengan prosesor terbaru intel Core 12th gen H-Series, serta RAM 16GB, dan kapasitas penyimpanan SSD 512GB yang berkecepatan tinggi. Di dalamnya, laptop tersebut dibekali dengan sistem operasi terbaru Windows 11 Home.

Laptop tersebut mengedepankan layar berukuran 16 inci berfitur Huawei FullView Display, dan mendukung gamut warna 100 persen sRGB. Meski ukuran layarnya besar, Huawei Matebook D16 diklaim tetap ringan dengan bobot 1,7kg.

Huawei menetapkan Matebook D16 saat ini masuk dalam periode pre-order serta dapat dipesan melalui saluran daring dan luring. Perusahaan teknologi ini menghadirkan sejumlah penawaran menarik untuk pembelian laptop tersebut, seperti Microsoft Office Home & Student 2021 gratis permanen, Backpack, Bluetooth Mouse, serta modem Telkomsel Orbit Star H1 berisi paket data 150GB selama 6 bulan.

Cocok untuk multitasking

Huawei Matebook D16. Dok/Huawei Device Indonesia.

Kebutuhan untuk bekerja dengan cepat dan multitasking saat ini memang menjadi hal yang penting, kata Patrick Ru. Matebook D16 direkomendasikan bagi pelajar dan pekerja yang membutuhkan dukungan komputasi untuk multitasking, baik untuk menunjang produktivitas seperti editing ataupun hiburan seperti bermain gim, nonton, video

Layar MateBook D16 menggunakan panel IPS yang sanggup menampilkan kualitas full HD 1080P serta kecerahan maksimum 300 nits. Dilengkapi dengan pelindung layar antisilau, laptop ini memiliki bezel ultra-tipis 4,6mm di sisi kiri dan kanan, sehingga mampu menghasilkan rasio screen-to-body mencapai 90 persen.

Perpaduan desain ini memungkinkan MateBook D16 menampung layar lebih besar pada bodi ringkas, serta memberikan perspektif tampilan lebih luas sekaligus pengalaman lebih mendalam bagi pengguna.

Huawei turut menghadirkan Metaline Antenna untuk menjawab kebutuhan akan koneksi internet yang stabil. Teknologi itu secara teoretis memungkinkan efisiensi jaringan hingga 56 persen, serta dapat meminimalisir risiko seperti video buffering, download terputus, ataupun lag saat bermain gim.

Laptop tersebut juga dibekali dengan Webcam resolusi tinggi 1080bp yang terletak di bezel atas. Kameranya mendukung Wide Angle yang memiliki sudut pandang lebih lebar. Itu belum termasuk fitur seperti FollowCam dan teknologi kecerdasan buatan (articial intelligence/AI) untuk virtual background yang menunjang kebutuhan meeting virtual.

Sebagai tambahan, Huawei CBG Indonesia pada April merilis Matebook D14 dan D15. Laptop tersebut memberikan penekanan pada teknologi canggih, durabilitas tinggi, serta desain menawan. 

Baik Huawei MateBook D14 (dengan layar penuh 14 inci) maupun Matebook D15 (layar penuh 15,5 inci) dibuat sebagai perangkat entry level bagi konsumen muda. Laptop tersebut memiliki bodi yang tipis dan ringan, namun memiliki kemampuan interaktif yang bertenaga. Keduanya telah dibekali dengan prosesor Core i5 generasi ke-11 dan sistem operasi Windows 11 yang memungkinkan kinerja serta respons lebih optimal sekaligus efisien.

Related Articles