Comscore Tracker
TECH

IdeaFest 2022 Kembali Digelar, Hadirkan Kolaborasi Komunitas Kreatif

IdeaFest digelar secara on-ground di JCC DKI Jakarta.

IdeaFest 2022 Kembali Digelar, Hadirkan Kolaborasi Komunitas KreatifKonferensi Pers IdeaFest 2022 di CGV FX Sudirman, Jakarta, Rabu (5/10). Dok/FortunIDN/Luky Maulana.

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Festival kreatif IdeaFest akan kembali digelar secara on-ground pada November 2022 di Jakarta. Memasuki tahun ke-11, gelaran tersebut mengangkat tema “Reality Re:defined” yang mengusung semangat pertumbuhan industri kreatif Indonesia melalui partisipasi dan kolaborasi dari pelbagai stakeholder.

Menurut Co-Chairman IdeaFest 2022, Ben Soebiakto, IdeaFest bertujuan menjadi wadah bagi para komunitas, brand, dan pelaku industri untuk mengembangkan karya dan inovasi terbaik.

IdeaFest 2022 pun telah resmi mengumumkan tanggal dilaksanakannya acara, yakni pada 24-27 November 2022, serta mengambil tempat di Jakarta Convention Center (JCC). Acara ini untuk pertama kalinya akan dilaksanakan secara luring setelah dua tahun masa pandemi virus corona.

“Masa pandemi yang telah kita sama-sama lalui 2 tahun ini membuat pengalaman menghadiri on-ground event menjadi sesuatu yang kian ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Menjadi tahun yang spesial, pada gelaran IdeaFest 2022 kami akan menyulap hampir seluruh hall JCC menjadi sebuah collaborative hub yang mampu mengakomodir diskusi dan interaksi antar pelaku kreatif,” kata Ben dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (5/10).

Dalam satu dekade terakhir, katanya, IdeaFest telah merangkul lebih dari 1500 ideation dengan mengajak kolaborasi pemateri dari berbagai macam bidang industri kreatif.

“Kami sangat antusias untuk terus melihat proses yang dibangun para insan kreatif dalam membentuk industri yang powerful ini,” ujarnya.

Kolaborasi komunitas

Konferensi Pers IdeaFest 2022 di CGV FX Sudirman, Jakarta, Rabu (5/10). Dok/IdeaFest.

IdeaFest senantiasa berkomitmen untuk mewadahi para pelaku kreatif dalam mengembangkan potensinya, menurut Ben. Karenanya, acara IdeaFest tahun ini akan memperkuat keterlibatan komunitas dan subsektor industri kreatif, serta membuka ruang bagi komunitas kreatif.

“Tujuan akhirnya, sebuah ekosistem kreatif yang mampu memberdayakan pelaku industri kreatif melalui berbagai ide-ide dan gagasan eksploratif yang segar dapat terbangun dan senantiasa berkembang,” katanya.

IdeaFest 2022 telah dikurasi oleh jajaran tim Braintrust yang merupakan ahli dari berbagai bidang, seperti Edwin Nazir, Ketua APROFI, Direktur Festival Seni & Desain Kontemporer Indonesia, Lalitia, Head of Program and Communication at Transition Team of Indonesian Museum and Cultural Heritage Public Service Agency, dan Adjie Santosoputro, Wellness Practitioner.

Edwin Nazir, Ketua APROFI, Direktur Festival Seni & Desain Kontemporer Indonesia, mengapresiasi kegiatan IdeaFest yang secara konsisten telah berjalan selama lebih dari 10 tahun.

“IdeaFest telah menjadi tempat berkumpulnya pelaku kreatif seperti kami untuk saling mendukung dan menginspirasi satu sama lain. kami para pelaku kreatif Indonesia dapat kembali bertatap muka dan membahas potensi kolaborasi yang dapat dilakukan kedepannya,” kata Edwin Nazir.

Tahun ini, IdeaFest  menggandeng sejumlah partner, antara lain Makna, Manual Jakarta, Majelis Lucu Indonesia, Pemimpin.id, Double Deer Group, Utopia, 11th Space dan berbagai mitra lainnya.

Bersama para partner tersebut, festival ini akan menghadirkan beragam program seperti IdeaTalks, Conference, IdeaFest Music, Hall of Makers, Manual Food  Market, Lucu Fest, Lead The Idea, Litter by Litter, Utopia Blok:verse, Reality Re:united, dan Nex Space.

Tidak hanya itu, sejumlah figur publik akan hadir di IdeaTalks dan Conference, seperti Ario Pratomo, Fellexandro Ruby, Cinta Laura Kiehl, Dipha Barus, Andhyta F Utami, Henry Manampiring, Dharmaji Suradika, Dhira Narayana, Manoj Punjabi, Iyas Lawrence, dan masih banyak lainnya.

Sebagai tambahan, untuk pembelian tiket dan informasi lebih lanjut perihal keseluruhan rangkaian acara IdeaFest 2022 bisa mengunjungi website www.ideafest.id, serta akun media sosial resmi @ideafestid.

Related Articles