Comscore Tracker
TECH

Pembeli Dikenai Biaya Jasa Rp1.000 per Transaksi, Ini Alasan Tokopedia

Biaya jasa untuk keperluan sistem dan layanan.

Pembeli Dikenai Biaya Jasa Rp1.000 per Transaksi, Ini Alasan TokopediaDok. Tokopedia

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Pengguna Tokopedia yang berbelanja kini mesti membayar biaya jasa aplikasi sebesar Rp1.000 per transaksi per Rabu (3/8). Platform e-commerce tersebut menyatakan biaya tersebut berlaku untuk produk dan layanan tertentu.

Dalam keterangan di situs resminya, entitas bagian dari grup PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ini menyatakan, biaya jasa aplikasi merupakan biaya penggunaan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam bertransaksi di Tokopedia.

Dalam penerapannya, konsumen akan dikenakan biaya jasa aplikasi sebesar Rp1.000 untuk setiap transaksi di aplikasi Tokopedia.

“Tokopedia terus berupaya meningkatkan kualitas pengalaman pengguna. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan biaya jasa aplikasi per 3 Agustus 2022 untuk setiap transaksi produk fisik melalui situs maupun aplikasi Tokopedia,” kata Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangan tertulis kepada Fortune Indonesia, Kamis (4/8).

Sebagai tambahan, Tokopedia pada kuartal pertama 2022 ini membukukan kenaikan frekuensi transaksi per pengguna mencapai 10 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Menurut data internal perseroan, gross transcation value (GTV) mencapai Rp65,1 triliun, atau tumbuh 28 persen setahunan.

Tokopedia menyatakan diri sebagai platform e-commerce paling banyak dikunjungi di Indonesia, dan 150 juta kunjungan, menurut data dari Similarweb.7

Ketentuan

Menurut Tokopedia, biaya jasa aplikasi tersebut dapat dilihat di halaman pembayaran dan invoice.

Platform e-commerce ini menetapkan sejumlah ketentuan pembayaran biaya transaksi. Ambil misal, pembeli tidak akan dikenakan biaya jasa aplikasi apabila total pembayaran Rp 0 dan terdapat informasi ‘bebas bayar dari Tokopedia’ di halaman pembayaran.

Lalu, apabila produk barang atau invoice yang dibeli lebih dari satu kali dalam satu pembayaran transaksi, maka biaya yang akan dikenakan hanya 1 satu kali.

Sedangkan, jika keseluruhan transaksi pembelian barang dibatalkan, maka biaya jasa akan dikembalikan sepenuhnya kepada pengguna sesuai dengan proses pengembalian (refund) yang berlaku pada metode bayar yang digunakan.

Perlu dicatat, biaya dimaksud hanya berlaku untuk pembelian produk barang pada aplikasi Tokopedia. Meski demikian, pengenaan biaya ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian produk keuangan, produk digital, topAds, zakat dan donasi. Kecuali, transaksi pembulatan e-gold atau donasi atau pembelian pulsa Rp1 yang disertakan dalam pembelian produk barang.

Biaya jasa aplikasi ini sudah termasuk biaya pajak pertambahan nilai (PPN) sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan di bidang perpajakan yang berlaku.

Related Articles