Comscore Tracker
TECH

Telkomsel Lanjutkan Pembaruan Sinyal, 3G di 143 Kota Akan Dimatikan

Pengguna yang beralih ke 4G akan beroleh pengalaman positif.

Telkomsel Lanjutkan Pembaruan Sinyal, 3G di 143 Kota Akan DimatikanTelkomsel memasuki tahap ketiga proses peningkatan/pengalihanjaringan 3G ke 4G yang di 143 kota/kabupaten mulai Juli 2022. Informasi lengkap tentang program upgrade dapat diakses melalui tautan tsel.me/untungjadi4G. Dok/Telkomsel.

by Luky Maulana Firmansyah

20 July 2022

Jakarta, FORTUNE – PT Telekomunikasi Seluler terus melanjutkan proses peningkatan maupun pengalihan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE tahun ini. BUMN telekomunikasi itu akan memulai upgrade jaringan tersebut dengan menargetkan 143 kota/kabupaten secara bertahap.

Dikutip dari situs resmi Telkomsel, ratusan daerah yang sinyal 3G-nya akan disetop ini termasuk Kota Bandung, Bekasi, Kota Bogor, DI Yogyakarta, Kota Semarang, Solo, Surabaya, dan Kota Medan. 

Tahap pertama proses peningkatan jaringan itu telah selesai dilakukan pada Maret sampai Mei 2022 di 86 kota/kabupaten, serta tahap kedua tuntas dilakukan pada Juni 2022 di 91 kota/kabupaten. Adapun proses pengalihan jaringan 3G ke 4G/LTE ini dilakukan sebanyak empat tahap selama 2022.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho, langkah ini sejalan dengan arahan pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yakni meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mendapatkan pemerataan dan kesetaraan akses jaringan broadband

Hal itu diharapkan akan semakin mengakselerasi adopsi dan adaptasi gaya hidup digital melalui pemanfaatan teknologi telekomunikasi yang inklusif.

“Telkomsel memastikan tetap menjaga kenyamanan seluruh pelanggan dalam mengakses jaringan broadband terdepan selama rangkaian proses upgrade jaringan masih berjalan sampai dengan selesai” kata Nugroho dalam keterangan resmi kepada media, Rabu (20/7).

Menurutnya, perusahaan terus mendorong peningkatan migrasi pelanggan ke uSIM 4G/LTE dengan menghadirkan kemudahan melalui ragam opsi mekanisme yang luas, baik secara online maupun offline.

Pengguna 4G

Telkomsel Memulai Proses Upgrade Jaringan 3G ke 4G/LTE. Dok/Telkomsel

Hingga tahap kedua proses upgrade jaringan dari 3G ke 4G/LTE, menurut Nugroho, Telkomsel mencatatkan peningkatan jumlah pelanggan yang melakukan migrasi ke uSIM 4G sebanyak 500 ribu pelanggan per bulan.

Peningkatan tersebut tak lepas dari sejumlah inisiatif Telkomsel dalam menghadirkan beragam program dan produk menarik, kata Nugroho. Selain itu, perusahaan memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin mengganti ke kartu u-Sim 4G, degan menyediakan tempat penukaran baik secara daring via e-commerce maupun GraPARI online, serta layanan GraPARI offline.

Menurutnya, pelanggan yang beralih ke layanan 4G/LTE akan beroleh sejumlah pengalaman positif, seperti akses internet browsing terbaik, mulai dari bermain gim, video streaming, dan panggilan suara berkualitas HD.

Nugroho menyebut saat ini layanan VoLTE Telkomsel sudah tersedia di lebih dari 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe ponsel pintar.

“Kami optimistis dapat menyelesaikan proses upgrade jaringan sesuai dengan target. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Telkomsel sebagai connectivity enabler untuk mengakselerasi transformasi digital masyarakat Indonesia sekaligus memperkuat ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan melalui dukungan pemerataan infrastruktur jaringan broadband terdepan hingga pelosok negeri,” ujarnya.

Related Topics

Related Articles