BUSINESS

10 Tips Untuk Bisa Tetap Inovatif Dalam Bisnis

Inovasi pada bisnis layaknya bahan bakar untuk mesin.

10 Tips Untuk Bisa Tetap Inovatif Dalam BisnisIlustrasi ide. (Pixabay/Harish Sharma)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

05 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Layaknya mesin kendaraan, sebuah bisnis harus dibangun dengan bahan bakar semangat dan inovasi. Inovasi juga diperlukan agar bisnis yang Anda jalankan bisa tetap tumbuh berkelanjutan. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, inovasi berarti sebuah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada, atau dengan kata lain bisa disebut pembaharuan. Sementara, inovatif merujuk pada hal-hal yang bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru.

Inovasi dalam sebuah bisnis adalah sesuatu yang lazim dilakukan. Bukan hanya karena kekurangan ide, bisa juga terjadi karena peusahaan terlalu banyak ide sehingga tidak mampu merealisasikannya. Oleh sebab itu, setiap pebisnis butuh memahami hal-hal yang bisa menjaga dirinya untuk tetap inovatif dalam berbisnis.

Mengutip Young On Top, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa tips bagi Anda, untuk bisa terus inovatif dalam berbisnis.

1. Memahami pasar dan pelanggan

Faktor ini penting dan membantu untuk mengidentifikasi peluang inovasi yang relevan. Paling tidak, dengan memahami hal ini, Anda bisa dapat wawasan tentang hal apa yang penting dan sedang dibutuhkan oleh target pasar.

2. Membudayakan untuk berinovasi

Menciptakan lingkungan di perusahaan yang mendorong karyawan untuk berinovasi. Beri penghargaan kepada ide-ide baru dan berikan ruang untuk eksperimen. Bila perlu, Anda bisa perbanyak diskusi dengan tim, untuk memantik ide-ide baru yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah inovasi bagi bisnis Anda.