BUSINESS

5 Ide Bisnis Alternatif Selain Kuliner Pada Masa Imlek 2024

Selain kuliner masih banyak pilihan lain yang menguntungkan.

5 Ide Bisnis Alternatif Selain Kuliner Pada Masa Imlek 2024Imlek Tahun Naga. (Pixabay/Scott Watson)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

30 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Tahun Baru Cina atau Imlek 2024 biasa disambut meriah dengan berbagai acara dan pernak pernik yang berpotensi meningkatkan perekonomian rakyat. Hal ini juga memunculkan beragam bisnis musiman yang berpeluang mendatangkan untung di tahun Naga.

Imlek juga identik dengan ragam Kuliner khasnya. Kue keranjang atau kue-kue kering–layaknya hari raya Idul Fitri–sering jadi pilihan, karena cukup populer dan memiliki permintaan yang cukup besar dari masyarakat yang merayakan Imlek. Jika Anda memilih bisnis ini untuk menanfaatkan momentum Imlek, bersiaplah menghadapi kompetisi sengit dengan pemain lain yang lebiih dulu bermain di bidang usaha populer ini.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih opsi alternatif sebagai strategi bagi bisnis yang bisa dilakukan pada masa Imlek. Mengutip Populix, berikut ini adalah beberapa jenis bisnis alternatif yang bisa jadi pilihan pada Imlek.

1. Dekorasi Imlek

Ilustrasi dekorasi lampion Imlek.Ilustrasi dekorasi lampion Imlek. (pixabay/Ai)

Perayaan Imlek bukan saja terkenal akan makanan-makanan beragam yang dibutuhkan oleh para keluarga yang merayakan saja, namun juga dekorasi bernuansa warna merah atau emas, yang lekat dengan kebudayaan etnis Cina, seperti lampion, lilin, sampai bunga-bunga dan bambu hoki.

Dekorasi Imlek tak hanya dibutuhkan oleh keluarga-keluarga yang merayakan, namun juga bisnis-bisnis lain yang juga menjadikan Imlek sebagai tema untuk menarik konsumen, seperti misalknya pusat belanja bahkan perkantoran. Hal ini bisa jadi peluang juga bagi bisnis dekorasi Imlek yang Anda pilih.

2. Suvenir Imlek

Ilustrasi suvenir Imlek.Ilustrasi suvenir Imlek. (Pixabay/Di Prat)