Comscore Tracker
BUSINESS

Blibli Kumpulkan 23.253 Bekas Kemasan Kosmetik di Jakarta X Beauty

Kegiatan ini bagian dari kampanye Blibli Cinta Bumi.

Blibli Kumpulkan 23.253 Bekas Kemasan Kosmetik di Jakarta X BeautyYolanda Nainggolan, VP Public Relations Blibli. (Blibli)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Blibli mencatat kenaikan jumlah sampah kosmetik pada pameran kecantikan Jakarta X Beauty 2022, 28-31 Juli 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). Jumlah ini meningkat 65 persen dibandingkan jumlah sampah kosmetik pada pelaksanaan perhelatan yang sama di Surabaya, pada bulan Maret.

Vice President Public Relations Blibli, Yolanda Nainggolan mengatakan Blibli berhasil mengumpukan 23.253 bekas kemasan produk kecantikan, serta 4.895 kardus kemasan melalui lima drop box yang tersebar di berbagai sudut area pameran.

Sampah kosmetik ini akan diolah kembali dalam sistem daur ulang, untuk menjadi barang baru (upcycle), bersama rekanan Blibli. Hal ini juga terkait dengan program pemberdayaan komunitas perempuan, difabel, dan pengungsi.

“Kami percaya dengan konsisten melakukan gerakan lebih peduli terhadap lingkungan ini maka akan semakin banyak pelanggan, partner kami serta masyarakat yang tergerak untuk mendukung dan menerapkan gaya hidup yang eco-conscious,” ujar Yolanda dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Jumat (5/8).

Bagian dari kampanye Blibli Cinta Bumi

Ilustrasi situs Blibli.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye Blibli Cinta Bumi yang digaungkan platform e-commerce tersebut. “Blibli juga akan terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk memperluas dampak positifnya kepada masyarakat Indonesia,” ujarnya

Ke depannya, kata Yolanda, Blibli akan terus mengedukasi dan mengajak para pelanggan dan para pemangku kepentingan lainnya, untuk berkontribusi aktif dalam upaya pelestarian lingkungan sekaligus menghadirkan pengalaman belanja online yang lebih ramah lingkungan.

Sepanjang tahun ini, lewat gerakan Blibli Cinta Bumi, Blibli aktif melakukan pengumpulan sampah lewat Surabaya X Beauty dan Java Jazz Festival 2022. “Blibli Cinta Bumi turut memberi dampak baik pada kebiasaan daur ulang, yang mengiringi perilaku konsumsi ramah lingkungan para pelanggan,” ujarnya.

Pengumpulan kardus bekas kemasan

Drop box sampah kosmetik yang disebar oleh Blibli.

Blibli Cinta Bumi juga mengispirasi para pelanggannya untuk hidup eco-conscious dengan menyediakan collection boxes yang tersebar di berbagai lokasi di wilayah Jabodetabek.

Kemudian, kurir Blibli Express Service (BES) akan menjadi agen pengumpul kardus bekas packaging tersebut saat mengantar produk pesanan ke konsumen. Kardus bekas kemasan selanjutnya akan diolah kembali sebagai pengganti bubble wrap.

Related Articles