BUSINESS

Bantu Bisnis UMKM, Lazada Perkuat Integrasi Logistik dengan Teknologi

JaringaLazada Logistics ada di lebih dari 500 kota Indonesia

Bantu Bisnis UMKM, Lazada Perkuat Integrasi Logistik dengan TeknologiOperasional Lazada Logistics. (dok. Lazada)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

13 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Lazada Indonesia mengembangkan sistem logistik terintegrasi dengan layanan berbasis teknologi, yang akan memudahkan mitra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya secara online.

SVP Logistics Lazada Indonesia, Adiputra Wiharja, mengatakan infrastruktur dan jaringan logistik Lazada akan terus fokus mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. “Dukungan teknologi berbasis data serta jaringan luas terintegrasi di Indonesia dan Asia Tenggara memungkinkan kami menjalankan operasional logistik yang efektif dan efisien, serta memberikan layanan logistik berkualitas dengan harga kompetitif,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (13/9).

Melalui layanan logistik yang terintegrasi dan berbasis teknologi, kata Adiputra, Lazada Indonesia mampu mendorong UMKM, memenuhi kebutuahn pelanggan di setiap saluran penjualannya. Hal ini dinilai tak hanya menguntungkan bagi UMKM dan para pelanggan saja, namun juga bagi seluruh pemangku kepentingan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

Basis teknologi

Operasional Lazada Logistics.Operasional Lazada Logistics. (dok. Lazada)

Adiputra menuturkan, salah satu kecanggihan teknologi Lazada Logistics yang digunakan untuk mendukung armada mitra kurir Lazada adalah teknologi smart allocation dan smart routing.

Teknologi ini masing-masing dapat memastikan kualitas layanan logistik dan kelancaran pengiriman dalam mengatur pembagian paket dan membantu mitra kurir mencari rute pengiriman paket secara efisien.

Selain itu, sistem live tracking yang tertanam dalam ekosistem layanan logistic Lazada pun mempermudah pemantauan pengiriman paket secara real-time. “Penggunaan berbagai teknologi juga memungkinkan kami untuk menjaga produktivitas sembari menjalankan operasional logistik yang efisien dan efektif,” ujarnya.

Inisiatif ‘Handle with Care’ sebagai landasasan logistik Lazada akan menjamin penanganan paket di setiap proses logistik dilakukan dengan baik dan dikirim tepat waktu secara utuh. Pelanggan dapat berbelanja di platform Lazada dengan menyenangkan, aman, dan terpercaya.

Jaringan gudang logistik

Armada Lazada Logistics yang layani distribusi barang jualan di Lazada.Armada Lazada Logistics yang layani distribusi barang jualan di Lazada. (dok. Lazada)