BUSINESS

Jenama Mainan LEGO Buka Gerai Terbesar ASEAN di Indonesia

LEGO perkuat pasar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Jenama Mainan LEGO Buka Gerai Terbesar ASEAN di IndonesiaAcara pembukaan gerai LEGO terbesar di ASEAN, Jakarta, Selasa (21/5). (Fortuneidn/Bayu Satito)
21 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perusahaan Mainan asal Denmark, Lego meresmikan gerai terbesarnya di Asia Tenggara (ASEAN. Gerai seluas 365 meter persegi itu berlokasi Mal Senayan City, Jakarta.

Senior Vice President Asia Pacific LEGO Group, Claus Kristensen, mengatakan bahwa gerai ini menghadirkan pengalaman imersif kepada pelanggan, lewat LEGO Minifigure Factory pertama di Asia Tenggara, di mana pengunjung dapat membuat minifigures LEGO yang dapat dikostumisasi.

“Dengan potensi di pasar di Indonesia yang dinamis dan terus berkembang ini, kami berharap ini dapat memperkuat kehadiran kami, menjangkau lebih banyak anak, dan menginspirasi para pembangun masa depan,” kata Kristensen.

Toko LEGO terbesar ini jadi satu dari enam toko yang akan diresmikan di tahun 2024.

“LEGO telah hadir di Indonesia selama lebih dari 10 tahun melalui berbagai mitra distribusi dan manufaktur serta telah mendapatkan dukungan yang kuat terhadap merek dan bisnis kami. Kami berharap hal ini akan terus berlanjut seiring dengan ekspansi kami ke depannya,” ujarnya.

Toko LEGO terbaru ini merupakan satu dari enam toko yang akan dibuka pada 2024, sehingga hingga akhir tahun total ada 26 toko LEGO yang beroperasi dan tersebar di 9 kota di Indonesia. Jumlah ini belum termasuk 300 para mitra ritel yang menjual produk LEGO seperti toko mainan, department store, dan toko online resmi.

Sektor yang berkembang

Ilustrasi minifigure Lego sedang mengadakan pertemuan bisnis. Shutterstock/StepanPopov

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor, Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi, mengatakan bahwa industri mainan di Tanah Air merupakan sektor yang berkembang secara berkelanjutan.

“Pada tahun 2024 diperkirakan industri ini akan menyumbang nilai ekspor hingga US$130 miliar atau sekitar Rp2,08 triliun,” katanya.

Menurutnya, bila LEGO bergabung dalam industri mainan Tanah Air dengan menanamkan investasi dengan membangun manufaktur pendukung maka potensi ini akan terus meningkat dan menguntungkan bisnis maupun pemerintah Indonesia. Apalagi, Indonesia saat ini sudah mengantongi RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership). Hal ini akan memudahkan ekspor ke banyak negara yang mewakili 30 persen perekonomian dunia.

Dukungan pemerintah

Para pimpinan LEGO Group.
Para pimpinan LEGO Group. (Fortuneidn/Bayu Satito)

Related Topics