BUSINESS

Jobstreet Suntik Investasi Rp1 Triliun Lebih untuk Teknologi AI

Menciptakan keseimbangan bagi pencari kerja dan perusahaan.

Jobstreet Suntik Investasi Rp1 Triliun Lebih untuk Teknologi AIJobstreet by SEEK. (Jobstreet.co.id)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

19 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Platform pencarian kerja, Jobstreet by SEEK, Berinvestasi AUS$180 atau sekitar Rp1,88 triliun untuk mengimprovisasi teknologinya dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Chief Operating Officer (COO) Jobstreet by SEEK Indonesia, Varun Mehta, mengatakan upaya penyematan Teknologi AI pada platform merupakan langkah penting bagi para pencari kerja sekaligus perusahaan yang membutuhkan talenta terbaik di Indonesia.

“Platform kami dapat membantu pencari kerja dan perusahaan untuk menemukan satu sama lain dengan lebih mudah dan akurat,” ujarnya melalui keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Selasa (19/12).

Varun menyebutkan bahwa platform yang sudah dilengkapi teknologi AI ini dapat menilai kecocokan talenta, menyeleksi lamaran, dan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi melalui data dari berbagai sumber, termasuk resume talenta, deskripsi lowongan kerja, dan keputusan perusahaan sebelumnya.

Untuk mempercepat pertumbuhaan SEEK di pasar kerja wilayah Asia Pasifik, investasi ini menyasar tiga pasar besar tenaga kerja, yakni melalui platform SEEK untuk pasar Australia dan Selandia Baru; Jobstreet di Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura; serta Jobsdb bagi pasar tenaga kerja di Hong Kong dan Thailand.

Pembaruan

Ilustrasi pekerja di kantor. 123RF

Dengan kelengkapan teknologi AI, platform Jobstreet kini memiliki banyak fitur terbaru yang mengandalkan pendekatan prediktif untuk membantu mencocokkan talenta dengan perusahaan secara lebih tepat dan efektif. Dengan demikian, Jobstreet by SEEK dapat mengantisipasi talenta yang dapat ditawarkan untuk mendiskusikan peluang kerja baru, bahkan sebelum lowongan diiklankan.

Selain itu, talenta Indonesia saat ini juga dapat menentukan visibilitas profil mereka di platform baru ini, yang menandakan kepada perusahaan bahwa mereka terbuka terhadap peluang kerja meskipun mereka tidak secara aktif melamar pekerjaan.

Tak ketinggalan, Jobstreet by SEEK juga menyediakan saran karier dan informasi gaji yang mendalam dan didukung oleh data yang tersedia dalam platform. Hal ini dapat membantu talenta untuk menavigasi percakapan seputar gaji dengan mengetahui kisaran gaji standar pekerjaan mereka, atau membuat keputusan yang tepat seputar karir mereka.

Keseimbangan

Ilustrasi artificial intelligence. (ShutterStock/Jirsak)Ilustrasi artificial intelligence. (ShutterStock/Jirsak)