Comscore Tracker
BUSINESS

Mencari Ide Bisnis dari Sekitar Kita

Buka bisnis sendiri adalah solusi bertahan saat masa sulit.

Mencari Ide Bisnis dari Sekitar KitaShutterStock/DrazenZigic

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Pandemi Covid-19 tidak hanya meninggalkan kenangan buruk. Sebaliknya, hal baik pun dapat tergali di masa wabah, seperti misalnya kreativitas untuk menciptakan peluang usaha.

Walaupun perekonomian nasional terganggu pandemi, bahkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terjadi di banyak daerah, kehidupan harus terus berjalan. Membuka bisnis sendiri adalah salah satu solusi untuk bertahan dalam situasi sulit seperti sekarang. Sayangnya, mencari peluang usaha bukanlah hal yang mudah bagi setiap orang.

Mengutip dari IDN Times, berikut ini adalah 9 cara yang dapat diterapkan untuk mencari ide bisnis yang dapat menjadi peluang usaha untuk kita jalankan.

  • Mengenali potensi diri.

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan potensi unggulan. Kenali potensi itu dan yakinlah untuk mengembangkannya. Selain itu, jangan ragu memanfaatkannya sebagai bidang bisnis yang akan dijalankan.

Ambil contoh potensi unggulan itu memasak. Coba buka warung makan atau resto online sebagai bidang bisnis.

  • Mengamati kebutuhan masyarakat.

Banyak perilaku masyarakat dapat dipelajari. Salah satunya, aksi - reaksi atas suatu kebutuhan. Misalnya, masalah sepatu kotor dihadapkan dengan kekurangan waktu untuk mencuci. Dari situ, dapat muncul ide untuk menjalankan bisnis pencucian sepatu.

  • Riset sejumlah pemasok terbaik untuk kerja sama.

Keberadaan pemasok untuk memenuhi kebutuhan bahan baku produksi sangat penting. Pemasok terbaik biasanya didapatkan dari hasil riset berisi irisan sejumlah indikator seperti pelayananan, harga jual, hingga pertimbangan jarak pengiriman. Melalui riset ini, sangat mungkin mendapatkan ide tentang bisnis tepat dan sesuai dengan kemampuan serta modal yang dimiliki.

  • Mengamati situasi di sekitar rumah.

Inspirasi seringkali muncul dari lingkungan terdekat yang sehari-hari jadi tempat kita bersosialisasi. Bertemu tetangga, mendengar keluhan orang di warung sebelah rumah, atau melihat pedagang-pedagang keliling yang lewat di depan rumah adalah beberapa contoh sumber inspirasi yang dapat menjadi ide bisnis impian.

Misalnya, banyak tetangga rumah mengikuti tren bersepeda. Hal ini sebenarnya dapat menjadi inspirasi untuk membuka bisnis bengkel sepeda sebagai sarana pendukung olahraga bersepeda yang sedang digandrungi.

  • Mencari ide di internet.

Internet, tidak bisa dipungkiri, adalah tempat terbaik mencari ide peluang usaha dengan cepat, terarah, dan informatif.  Beberapa jenis bisnis online paling populer saat ini misalnya menjadi reseller produk, affiliate, bekerja secara lepas membuat konten, dan sebagainya.

  • Berdiskusi dengan teman atau keluarga.

Dalam mengeksplorasi ide bisnis, teman bicara akan sangat membantu dalam memantik kemunculan ide baru dan segar tentang bisnis apa yang cocok dijalani. Namun, ada baiknya teman atau keluarga yang diajak bicara memahami dirimu, atau setidaknya memiliki pengalaman dalam dunia usaha.

  • Bergabung dalam komunitas bisnis.

Selain berdiskusi dengan relasi dekat, komunitas bisnis akan semakin memperkuat sumber ide bisnis yang kamu butuhkan. Ilmu dan jaringan bisnis niscaya dapat bertambah dari kenalan-kenalan baru dalam komunitas bisnis. Saat ini, ada banyak komunitas pebisnis dapat kamu jangkau secara offline maupun online.

  • Membaca buku bisnis dan pengembangan usaha.

Buku adalah salah satu sumber pengetahuan. Oleh sebab itu, berbagai jenis ide tentang bisnis pun akan sangat mungkin ditemukan saat membaca buku dengan spesifikasi bisnis dan pengembangan usaha. Tidak terbatas buku jenis ini, buku bertema lain pun juga dapat menjadi sumber inspirasi.

Misalnya, setelah membeli buku impor atau buku terjemahan, ada ide bisnis dari negara lain yang bisa diterapkan di Indonesia.

  • Mengunjungi acara-acara kreatif.

Seiring perkembangan dunia bisnis, berbagai acara kreatif seperti pameran, konser, maupun bazaar semakin sering diadakan--setidaknya pada masa pra-Covid. Selain menghibur, acara-acara semacam juga dapat dimanfaatkan untuk mencari inspirasi ide bisnis yang unik dan menarik.

Misalnya, dengan mendatangi pameran kerajinan tangan, kamu akan beroleh beragam inspirasi jenis kerajinan apa yang tengah dicari orang. Selain itu, kamu dapat menjalin relasi baru dengan individu atau komunitas yang nantinya kelak memiliki nilai luar biasa bagimu dan calon usahamu.

Related Topics

Related Articles