BUSINESS

Mengenal Funding, Tujuan, dan Tahapannya Dalam Bisnis

Funding berkenaan dengan pengumpulan dana untuk bisnis.

Mengenal Funding, Tujuan, dan Tahapannya Dalam Bisnisilustrasi uang dari bisnis saat Ramadhan (unsplash.com/Alexander Grey)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dalam dunia bisnis, istilah funding tentu bukan hal asing. Hal ini biasanya berkenaan dengan pengumpulan dana, untuk menjamin keberlanjutan sebuah bisnis.

Mendirikan sebuah bisnis tentu membutuhkan modal, dan salah satu sumber modal untuk menjalankan bisnis adalah melalui funding. Mengingat modal adalah komponen yang sangat penting dalam sebuah bisnis, maka pengusaha wajib mengetahui seluk beluk funding agar bisnis bisa berjalan lancar dan terus berkembang.

Untuk mengetahui lebih jauh soal funding, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulasnya dengan melansir dari beberapa sumber.

Pengertian

Modal usahailustrasi modal usaha (unsplash.com/Melissa Walker Horn)

Dari katanya, funding memiliki kata dasar fund yang berarti dana. Dengan demikian, maka funding bisa diterjemahkan sebagai pendanaan, pengumpulan dana, modal, atau simpanan. Biasanya, funding dilakukan oleh lembaga keuangan, seperti bank, koperasi, dan lainnya.

Mengutip Finansialku.com, funding adalah kegiatan penghimpunana dana masyarakat sebagai nasabah dari produk-produk finansial, seperti deposito, tabungan, giro, obligasi, reksa dana, asuransi, dan lain-lainnya.

Dari proses pengumpulan dana ini, nasabah atau masyarakat nantinya akan memperoleh imbal hasil sekaligus jaminan keamanan atas simpanan tersebut. Namun, jaminan seperti ini hanya bisa didapatkan kalau lembaga keuangan yang melakukan funding adalah lembaga keuangan yang legal.

Sementara itu, dalam kaitannya dengan startup, funding merupakan penggalangan dana yang dilakukan melalui promosi bisnis untuk menarik para investor, supaya mereka mau melakukan pendanaan. Dana yang terkumpul, biasanya disebut sebagai venture capital atau modal ventura.

Tujuan

descriptionIlustrasi pertumbuhan ekonomi. Shutterstock/Romolo Tavani

Related Topics