BUSINESS

Mengenal Istilah Preferential Trade Partnership Agreement (PTA)

PTA adalah salah satu dari 3 jenis perjanjian dagang global.

Mengenal Istilah Preferential Trade Partnership Agreement (PTA)Shutterstock/Andrii Yalanskyi
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE –Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini berkunjung ke sejumlah negara Afrika, seperti Kenya dan Tanzania. Dalam kunjungan kerja tersebut, dia mendorong terwujudnya kerja sama perdagangan antar-negara atau Preferential Trade Partnership Agreement (PTA). 

secara umum PTA adalah salah satu dari tiga jenis perjanjian kerja sama dagang secara global. Selain PTA, jenis lainnya adalah Free Trade Agreement (FTA) dan Comprehensive Economic Partnership Agreement (EPA/CEPA).

 Untuk memahaminya lebih lanjut, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulasnya dengan mengutip dari laman umkmindonesia.id.

Pengertian

Ilustrasi neraca dagang.Shutterstock/Alexey Lesik

PTA adalah perjanjian perdagangan internasional dengan keanggotaan terbatas yang  bertujuan untuk mengurangi tarif untuk produk tertentu yang berasal dari masing-masing negara yang berpartisipasi.

Dengan adanya pengurangan tarif, produk yang diekspor diharapkan memiliki keunggulan dan daya saing lebih baik dibanding produk yang berasal dari negara lain di luar kesepakatan PTA.

PTA dari FTA dan CEPA memiliki beberapa perbedaan mendasar dengan fokus pada pengurangan tarif atau penghilangan tarif secara bertahap dengan tujuan menciptakan keunggulan daya saing secara khusus.

FTA bersifat lebih luas dan cenderung memperhatikan semua aspek perdagangan barang, jasa, serta investasi di negara-negara yang terlibat. Sementara, CEPA adalah perjanjian yang paling luas, karena berfokus pada bagaimana aspek-aspek perdagangan bisa saling mendukung untuk terciptanya kerjasama ekonomi yang berkelanjutan.

Manfaat

Ekspor HRC Krakatau Steel ke Italia.Ekspor HRC Krakatau Steel ke Italia. (dok. Kemendag)