BUSINESS

Analisis SWOT: Pengertian, Faktor, Manfaat, dan Cara Melakukannya

SWOT melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Analisis SWOT: Pengertian, Faktor, Manfaat, dan Cara MelakukannyaAnalisis SWOT. (Pixabay/athree23)

by BayuSurti

24 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Seorang peBisnis harus sanggup melakukan perencanaan matang dan serta beroleh dukungan analisis bisnis komprehensif. 

Sebab, semua jenis usaha pasti menyimpan potensi risiko yang khas, dan tujuan keuntungan tidak dapat diraih dengan mudah. 

Salah satu teknik analisis bisnis yang dikenal luas dan relatif mudah dipahami adalah SWOT.

Teknik analisis ini membantu para pebisnis dalam mendapatkan kajian atas bisnis yang dijalankan dengan melihat pada beberapa indikator, yakni kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats).

Walau analisis bukan inti dari bisnis, tetapi hal ini merupakan pendukung utama keberlangsungan usaha. Mari simak ulasan tentang Analisis SWOT sebagai berikut, seperti mengacu pada laman Cermati.

Pengertian analisis SWOT

rekening memiliki beberapa fungsi utamailustrasi mencatat keuangan (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Analisis SWOT adalah kajian tentang bisnis yang dijalankan dengan melihat situasi internal dan eksternal perusahaan. 

Teknik analisis ini pertama kali diperkenalkan Albert Humphrey, seorang peneliti di Universitas Stanford, pada sekitar 1960-an. 

Humphrey mengembangkan analisis ini dengan mendasarkan pada analisis data-data sejumlah perusahaan yang masuk daftar Fortune 500.

Seiring waktu berjalan, SWOT menjadi teknik analisis yang sering digunakan dalam berbagai kepentingan—terutama bisnis—dalam mengevaluasi kinerja. 

Berdasarkan indikator atau faktor yang digunakan, maka evaluasi kinerja pun dilandaskan pada kondisi internal dan eksternal perusahaan.

Hal ini tercermin dalam 4 indikator penilaian, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Siapa yang melakukan analisis SWOT?

sebagai pekerja, Anda harus tahu perbedaan UMK dan UMRilustrasi pekerja kantoran (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Related Topics