BUSINESS

Tumbuh Positif di 2023, BMW Group Indonesia Bakal Perkuat Pasar EV

BMW Group Indonesia luncurkan BMW iX1 dan iX xDrive50 Sport.

Tumbuh Positif di 2023, BMW Group Indonesia Bakal Perkuat Pasar EVPeluncuruan BMW iX1 dan iX xDrive50 Sport., Jumat (2/2). (Fortuneidn/Bayu)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

02 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEBMW Group Indonesia mencatatkan pertumbuhan positif sepanjang  2023, terutama dari penjualan lini jenama BMW–selain jenama Mini–yang naik 38 persen secara tahunan. Tahun ini, perusahaan menargetkan bisa memperkuat market share di Indonesia.

Director of Sales and Network Development BMW Group Indonesia, Ariefin Makaminan, mengatakan bahwa perusahaan akan memperkenalkan lebih banyak lagi varian baru di lini kendaraan elektrik, untuk meningkatkan volume penjualan di berbagai kelas BMW. Salah satunya dengan bermain di kelas Kendaraan Listrik premium.

“Kami memperkenalkan (varian) iX1 dan iX xDrive50 Sport adalah untuk menambah porsi market share kami. Selama ini, kami menjual BMW iX dengan harga Rp2,4 miliar, i4, dan i7 dengan harga di atas Rp3 miliar, (kini) kami membutuhkan satu segmen di bawah itu, untuk memberikan banyak opsi bagi para konsumen,” ujarnya kepada Fortune Indonesia, dalam acara peluncuran BMW iX1 dan iX xDrive50 Sport, Jumat (2/2).

Sepanjang tahun lalu, BMW Group Indonesia (BMW dan Mini), mencatat total penjualan 5.063 unit. Dari jumlah tersebut, 745 unit di antaranya merupakan lini kendaraan listrik (BEV) atau berkontribusi sekitar 19 persen dari total penjualan. Dengan demikian, BMW menguasai sekitar 61 persen dari total pasar kendaraan listrik premium di Indonesia.

Faktor dan target

Director of Sales and Network Development BMW Group Indonesia, Ariefin Makaminan.Director of Sales and Network Development BMW Group Indonesia, Ariefin Makaminan. (fortuneidn/bayu)

Menurut Ariefin, capaian ini merupakan kali pertama produsen kendaraan premium di Indonesia bisa membukukan penjualan lebih dari 5.000 unit.

“Kami berhasil menjual produk pilihan yang tepat bagi pasar Indonesia di tahun 2023, kebetulan kami masuk juga dengan kendaraan listrik. Selain itu, mitra dealer kami pun benar-benar bekerja keras,” katanya.

Pada tahun ini, BMW Group menargetkan lini kendaraan listrik BMW bia terjual sebanyak-banyaknya. Ia memproyeksikan penjualan BEV naik satu persen dari 19 persen kontribusi di tahun 2023. “Jadi, 20 persen yang kami targetkan adalah penjualan EV,” ujarnya.

Untuk mencapai target ini, penjualan produk di kelas entry level seperti iX1 pun menjadi unggulan. Perseroan akan menambah lebih banyak portofolio produk untuk meningkatkan kinerja penjualannya tahun ini.

Selain BMW iX1 dan iX xDrive50 Sport, BMW akan kembali meluncurkan varian BEV lain, seperti i5 dan varian lainnya, termasuk BEV di jenama Mini.

Dua varian EV terbaru

Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan.Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan. (Fortuneidn/Bayu)