BUSINESS

5 Cara AI Membantu Perusahaan Meningkatkan Kepuasan Karyawan

AI Membantu perusahaan mencapai kepuasan karyawan.

5 Cara AI Membantu Perusahaan Meningkatkan Kepuasan Karyawanilustrasi karyawan di perusahaan (freepik.com/Tirachardz)

by Desy Yuliastuti

27 June 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Kini kemajuan teknologi Artificial Intelligence atau AI membantu perusahaan meningkatkan kepuasan karyawan. Peran AI dalam pengelolaan SDM, mencakup proses rekrutmen hingga perencanaan pertumbuhan karier karyawan.

Chief Customer Officer Mekari, Arvy Egadipoera, mengatakan teknologi AI akan mendisrupsi dunia HR secara positif, baik bagi perusahan dan karyawan.

“Di beberapa tahun ini, dunia kerja telah mengalami perubahan signifikan, mulai dari penggunaan teknologi saat bekerja hingga bentuk kerja hybrid work. Di sini, AI bisa menjadi alat yang digunakan perusahaan untuk berinovasi di bagian perencanaan dan pengelolaan SDM secara strategis,” ujarnya dikutip dari keterangan persnya, Selasa (27/6).

Riset Gartner berjudul “Predicts 2023: HCM Technology Transformation” menunjukkan bahwa AI yang tertanam dalam solusi teknologi untuk HR akan mendukung otomatisasi, pengambilan keputusan, dan personalisasi.

Berikut ini lima cara kecerdasan buatan (AI) dalam membantu perusahaan untuk meningkatkan kepuasan karyawan.

1. AI bisa memahami karyawan dengan lebih baik

AI dapat mengolah data terkait performa dan pola kerja para karyawan untuk memberikan masukan, atau insights, mengenai kesejahteraan kerja para karyawan.

AI bahkan bisa menganalisa data untuk mendeteksi tanda-tanda employee burnout, atau keletihan, serta potensi ketidakpuasan kerja lainnya. Berdasarkan analisis tersebut, perusahaan bisa segera mengambil langkah untuk mengatasi masalah sebelum meluas.

"Perusahaan yang cepat menjawab masalah yang dihadapi karyawan akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi performa optimal para karyawan,” kata Arvy.

2. Mengotomatisasi pengerjaan laporan strategis

Setiap bulan, tim HR di dalam perusahaan harus menyiapkan laporan strategis untuk mengetahui status terkini akan SDM dan merencanakan kebutuhan akan karyawan kedepannya. Kemampuan AI untuk bukan saja mengolah data yang banyak, tapi juga meramu data tersebut menjadi laporan yang mudah dibaca, akan meningkatkan efisiensi tim HR dalam hal pelaporan.

“Terbebasnya tim HR dari tugas repetitif yang menyita waktu, seperti membuat laporan, akan memberikan mereka ruang dan waktu untuk fokus ke tugas utama, yaitu merancang dan menjalankan program yang baik bagi kesejahteraan karyawan,” kata Arvy.