Comscore Tracker
BUSINESS

Produsen Ban Korsel Perkenalkan Produk Khusus Mobil Listrik

Ban dirancang untuk membantu EV melaju lebih jauh.

Produsen Ban Korsel Perkenalkan Produk Khusus Mobil ListrikBan Hankook yang di desain untuk kendaraan listrik/Dok. CarsCoops

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Produsen ban asal Korea Selatan, Hankook secara resmi telah memperkenalkan lini baru dari ban mereka yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik. Teknologi "iON" akan mengurangi hambatan dari kendaraan berat dengan torsi tinggi.

Presiden dan CEO Ban & Teknologi Hankook, Sooil Lee mengungkapkan, pemerintah Indonesia terus mengakselerasi pengembangan industri mobil listrik nasional sebagai komitmen untuk menurunkan emisi karbon sebesar 29 persen pada tahun 2030. Dengan diperkenalkannya keluarga ban iON baru ini, perusahaan semakin mendukung kendaraan listrik berkembang pesat, termasuk mendukung kebutuhan terkait ban yang sesuai. 

"Dengan jangkauan yang ditingkatkan per pengisian baterai, ban generasi baru ini akan membantu lebih mengoptimalkan efisiensi kendaraan listrik dalam penggunaan sehari-hari." ucap Sooil Lee dalam keterangan resmi, Rabu (8/6).

Keistimewaan varian ban iON ini meliputi pengurangan hambatan gulir (rolling resistance), rolling-noise yang lebih rendah, ketahanan yang tinggi, dan jangkauan yang lebih luas. Selain itu, produk baru Hankook iON dirancang khusus untuk torsi tinggi instan yang dihasilkan oleh kendaraan listrik yang tangguh.

Karet bundar dari Hankook ini direncanakan akan hadir mulai tahun ini dalam tiga model. Ban ini juga dirancang untuk kendaraan berperforma tinggi dan premium. Ban tersebut akan ditawarkan dalam ukuran mulai dari 18 hingga 22 inci. Di Eropa, ban musim panas Hankook Ventus iON S ​​baru akan tersedia mulai Mei.

Mulai bulan September, pembeli akan memiliki akses ke ban Hankook Winter i*cept iON. Sementara itu, orang Amerika Utara mendapatkan ban Hankook Ventus iON A sepanjang musim, dan lebih banyak produk akan tersedia di masa mendatang.

Membantu mobil listrik melaju lebih jauh

Semua ban telah dirancang untuk membantu EV melaju lebih jauh dengan muatan berkat rolling resistance yang lebih rendah. Namun, itu bukan satu-satunya persyaratan EV.

Karena sangat senyap, ban juga dirasa harus ikut senyap dan Hankook telah menggunakan teknologi peredam suara yang dikombinasikan dengan desain pola tapak khusus untuk mengurangi kebisingan.

"Kami sangat bangga bahwa ban musim panas Hankook iON yang baru, misalnya, telah mencapai peringkat A/A/A ​​pada label ban UE. Ini sesuai dengan performa tertinggi dalam hal ketahanan jalan, cengkeraman basah, dan kebisingan ban," kata Bonhee Ku, wakil presiden eksekutif dan CTO di Hankook.

Hankook juga telah mendesain ban ini agar tahan lebih lama jika nantinya digunakan oleh kendaraan listrik kelas berat dan juga dengan torsi awal yang tinggi di mana ciri khas dari kendaraan listrik.

Ban ini akan menggunakan serat aramid ultra dalam karet yang akan membantu melawan gaya deformasi yang disebabkan oleh torsi tinggi. Sementara itu, resin alami akan membuat ban lebih tahan lama, dan meningkatkan jarak tempuh.

Related Articles