BUSINESS

Kolaborasi Paper.id dan Peruri Hadirkan E-Invoice

E-Invoice untuk mengoptimalkan bisnis.

Kolaborasi Paper.id dan Peruri Hadirkan E-InvoicePenandatanganan MoU Paper.id dan Peruri/Dok. paper.id

by Desy Yuliastuti

12 July 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Paper.id, perusahaan penyedia teknologi e-Invoicing dan pembayaran bisnis, bekerja sama dengan Peruri meluncurkan solusi e-invoicing atau invoice digital di Peruri Shield. 

CEO dan Co-founder Paper.id, Yosia Sugialam mengungkapkan bahwa Peruri dan Paper.id menghadirkan e-invoice pada platform Peruri Shield bertujuan untuk mempercepat adopsi digitalisasi proses penagihan dan pembayaran Business to Business (B2B). 

"Semoga dalam waktu dekat kita bisa segera melihat di Indonesia, proses tukar faktur secara mayoritas menjadi berbasis digital," ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (12/7).

Adanya inovasi ini menandakan langkah penting dalam transformasi digital perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dengan kombinasi peningkatan teknologi dan compliance terhadap peraturan, perusahaan dapat memaksimalkan proses operasional bisnis dalam hal invoicing dan pembayaran, akhirnya perusahaan dapat fokus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

E-Invoice untuk optimalisasi bisnis 

Dengan menggabungkan teknologi sertifikasi, compliance, invoicing dan pembayaran, kolaborasi ini menyederhanakan proses pembuatan invoice/faktur secara digital yang dilengkapi tanda tangan elektronik tersertifikasi dan meterai elektronik dalam satu platform.

Dengan demikian, perusahaan bisa membuat, mengirim, dan mengatur invoice secara digital, mengeliminasi penggunaan kertas fisik, mengurangi biaya pengiriman dokumen dan penagihan. 

Terlebih, solusi digital dari Peruri dan Paper.id menghadirkan solusi e-Invoice yang telah terintegrasi dengan E-meterai dengan memanfaatkan teknologi Certificate Authority dan Track & Trace ini, membantu mengurangi kesalahan manusia, dan memudahkan bisnis dalam melakukan monitoring penagihan dan pembayaran, serta keaslian dokumen elektronik yang terjamin. 

Bagi para pebisnis yang ingin mengimplementasikan layanan e-Invoice dari Paper.id dan Peruri untuk efisiensi proses bisnisnya dapat melakukan 3 langkah mudah yaitu melengkapi form/invoice penagihan, pembubuhan tanda tangan elektronik, pembubuhan e-Meterai, selanjutnya e-Invoice akan secara otomatis terkirim kepada email klien.

Semua ini dapat dilakukan dengan seamless melalui sistem Peruri Shield. Platform ini menyediakan e-Meterai yang diproduksi oleh Peruri selaku BUMN yang ditunjuk oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak. 

Pelaku bisnis dapat dengan mudah mendapatkan e-Meterai yang telah terintegrasi dalam platform yang dikembangkan Peruri bersama Paper.id ini. Sebagai catatan, sesuai dengan ketentuan undang-undang nomor 10 tahun 2020, transaksi di Indonesia di atas Rp5.000.000 perlu dibubuhkan meterai.

"Dengan teknologi terdepan dan fitur-fitur yang canggih, E-Invoice akan memberikan efisiensi maksimal serta langkah yang luar biasa bagi dunia bisnis," Head of Strategic Business Unit Digital Peruri, Farah Fitria Rahmayanti.

Related Topics