Comscore Tracker
BUSINESS

Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2022

Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia 2022.

Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2022ilustrasi orang kaya (unsplash.com/Matheau Stern)

by DesySurti

Jakarta, FORTUNE - Forbes baru saja merilis orang terkaya di Indonesia 2022. Para konglomerat dalam daftar ini dipilih berdasarkan aset yang dimiliki, baik perusahaan publik maupun pribadi, real estate, koleksi mobil, perhiasan, juga pesawat. 

Majalah Forbes secara kontinu kerap merilis daftar orang terkaya di dunia, hingga spesifik ke negara tertentu. 

Namun, untuk menilai bisnis pribadi yang dimiliki seseorang, Forbes menghitung dengan cara menggandakan perkiraan keuntungan. Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada 2022, dikutip dari Forbes Real Time Billionaires.

Daftar orang terkaya di Indonesia 2022

1. Robert Budi Hartono (Djarum)

Daftar orang terkaya di Indonesia 2022 adalah Robert Budi Hartono. Adapun jumlah kekayaan bos Djarum ini sebesar US$23,1 miliar atau setara Rp359,3 triliun.

Budi Hartono memang  telah menjadi "langganan" orang terkaya di Indonesia versi Forbes sejak 2008.

Selain sumber kekayaannya berasal dari perusahaan Djarum, diketahui Budi Hartono adalah salah satu pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Ia bersama saudaranya, Michael Hartono, juga merupakan pemilik dari merek elektronik bernama Polytron.

Menurut majalah Forbes, Robert Budi Hartono juga masuk peringkat ke-56 orang terkaya di dunia.

2. Michael Bambang Hartono (Djarum)

Masih dari keluarga Hartono, kali ini Michael Bambang Hartono juga masuk dalam deretan orang terkaya di tanah air.

Jumlah kekayaan kakak dari Budi Hartono ini ditaksir senilai US$22,2 miliar atau sama dengan Rp345,4 triliun.

Berkat kekayaannya tersebut, Michael Bambang Hartono menempati peringkat ke-61 orang terkaya di dunia tahun 2022.

Adapun sumber kekayaannya sama seperti Robert Budi Hartono, yakni Djarum, BCA, dan Polytron.

3. Low Tuck Kwong (Bayan Resources)

Low Tuck Kwong merupakan owner dari Bayan Resources yang bergerak di sektor batu bara. Kekayaannya mencapai US$9,7 miliar atau setara Rp150,8 triliun. 

Berkat kekayaan tersebut, Low menempati posisi ke-174 orang terkaya dalam skala global. Peringkatnya naik drastis dari posisinya tahun lalu yakni ke-2.524.

4. Sri Prakash Lohia (Indorama Corporation)

Di peringkat keempat ada Sri Prakash Lohia, pemilik Indorama Corporation, dengan jumlah kekayaan mencapai US$5,9 miliar atau sekitar Rp91,7 triliun. 

Jumlah harta yang dimilikinya membuat ia menduduki posisi ke-402 orang terkaya di dunia, naik dari peringkat 404 pada 2021.

5. Prajogo Pangestu (Grup Barito)

Di peringkat selanjutnya ada Prajogo Pangestu, pemilik Grup Barito. Jumlah kekayaannya pada tahun 2022 mencapai US$5,2 miliar atau sekitar Rp80,8 triliun.

Prajogo juga menempati posisi ke-466 dunia. Peringkatnya ini turun dari peringkat ke-404 pada 2021 lalu.

6. Chairul Tanjung (CT Corp)

Chairul Tanjung berada di posisi ke-6 dengan jumlah kekayaan mencapai US$5,2 miliar atau sekitar Rp80,8 triliun. Pemilik CT Corp yang baru saja meluncurkan Allo Bank ini juga menempati peringkat 472 orang terkaya di dunia pada 2022.

7. Djoko Susanto (Grup Alfamart)

Pemilik Grup Alfamart, Djoko Susanto, menempati posisi ketujuh orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$4 miliar atau setara Rp62,2 triliun. 

Djoko Susanto atau Kwok Kwie Fo lahir di Jakarta pada 9 Februari 1950. Ia memulai bisnis pertama kali di usia 17 tahun dengan mengurus kios sederhana milik orang tuanya di Pasar Arjuna, Jakarta. 

Pada akhirnya, bisnis retail tersebut berkembang besar dan dia mencatatkan namanya sebagai 10 besar orang terkaya di Indonesia 2022.

8. Wijono dan Hermanto Tanoko (Avia Avian)

Konglomerat yang masuk daftar ini mayoritas adalah para pemain lama. Kebetulan, namanya muncul berulang kali dalam beberapa tahun terakhir. Akan tetapi, ada satu nama baru yang tiba-tiba muncul menyeruak masuk ke daftar elite tersebut, yakni Wijono dan Hermanto Tanoko.

 

Wijono dan Hermanto Tanoko, pemilik merek cat Avia Avian berada di peringkat delapan. Dengan kekayaan mencapai US$3,4 miliar atau Rp52,8 triliun. Untuk pertama kalinya, mereka juga masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia, yakni di peringkat 879.

Keduanya mulai ramai diperbincangkan setelah membawa dua perusahaannya untuk mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun lalu. 

Tercatat Caturkarda Depo (DEPO) yang berhasil mengumpulkan Rp493,57 miliar dana IPO setelah melepas 15,08 persen saham baru dan Avia Avian (AVIA) yang mampu mengumpulkan Rp5,76 triliun setelah melepas 10,01 persen saham baru.

Kedua perusahaan yang dimiliki oleh Hermanto Tanoko tersebut merupakan bagian dari Tancorp Abadi Nusantara, tempat ia juga menjabat sebagai Group CEO.

9. Theodore Rachmat (Triputra Group)

Dengan jumlah kekayaan US$3,2 miliar AS atau sekitar Rp49,7 triliun, Theodore Rachmat sebagai pemilik Triputra Group mengukuhkan diri di peringkat kesembilan orang terkaya di Indonesia pada 2022. 

Ia juga naik peringkat dunia dari posisi ke-1.833 pada 2021 ke posisi ke-879 pada 2022.

10. Sukanto Tanoto (Royal Garden Eagle International/RGEI)

Posisi kesepuluh adalah Sukanto Tanoto, pemilik Royal Garden Eagle International atau RGE. Jumlah kekayaan Sukanto adalah US$2,8 miliar AS atau setara Rp43,6 triliun. Ia juga menempati posisi ke-1.012 orang terkaya di dunia 2022

Itulah tadi 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2022. Semoga informasi ini bisa membantu Anda.

Related Articles