BUSINESS

Persaingan Jasa Pengiriman, Mana yang Dipilih Gen Z dan Milenial?

J&T Express jadi logistik terfavorit.

Persaingan Jasa Pengiriman, Mana yang Dipilih Gen Z dan Milenial?Ilustrasi kurir logistik. (Shutterstock/Fresh Stocks)

by Desy Yuliastuti

08 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Seiring digitalisasi dan pertumbuhan pengguna e-commerce, jasa logistik memegang peranan penting dalam proses distribusi barang di Indonesia. Dalam laporan bertajuk “Indonesia Outlook on the Logistic Delivery Services” terungkap fakta menarik seputar perilaku pengiriman barang untuk pengiriman pribadi dan belanja online di Indonesia. Ada pula data menarik terkait preferensi masyarakat sebagai pembeli terhadap berbagai jasa logistik yang ada di Indonesia.

Co-Founder dan Chief Executive Officer (CEO) Populix, Timothy Astandu, menuturkan riset yang bertajuk Indonesia Outlook on the Logistic Delivery Services dilakukan secara online pada Mei 2023 dengan melibatkan sebanyak 1.557 responden laki-laki dan perempuan Muslim berusia 17 hingga 45 tahun di Indonesia.

Durasi pengerjaan survei sekitar 15 menit dengan pertanyaan yang dikemas dalam bentuk kuesioner melalui format pilihan ganda tunggal, ganda kompleks, skala likert dan isian singkat.

“Sebesar 88 persen dari partisipan Gen Z mengaku menggunakan layanan pengiriman untuk pembelian online mereka, 12 persen lainnya menggunakan layanan pengiriman untuk kebutuhan pribadi. Hal yang sama terjadi pada generasi milenial, di mana mayoritas 76 persen responden menggunakan pengiriman untuk berbelanja online,” kata Timothy dalam keterangannya, dikutip Selasa (8/8).

J&T Express pilihan milenial dan Gen Z

Timothy menjelaskan, rata-rata mengirimkan barang baik untuk belanja online maupun pengiriman pribadi sebanyak dua sampai tiga kali dalam sebulan. Ini menunjukkan pengiriman barang merupakan bagian integral dari pengalaman belanja online yang makin populer di Indonesia.

Jasa pengiriman barang pilihan Gen Z

  1. J&T Express (58%)
  2. Shopee Express (32%)
  3. JNE (27%)
  4. SiCepat (23%)
  5. Gosend (7%)
  6. GrabExpress sebesar( 4%)
  7. Ninja Express (4%)
  8. Pos Indonesia (3%)
  9. TIKI (2%)
  10. Wahana (1%)
  11. Paxel (1%)
  12. Indah Logistik (0%)
  13. Shipper 0%
  14. Lalamove 0%

Jasa pengiriman barang pilihan milenial

  1. J&T Express (55%),
  2. JNE (34%)
  3. Shopee Express (18%)
  4. SiCepat (17%)
  5. Gosend (16%)
  6. GrabExpress (8%)
  7. Pos Indonesia (7%)
  8. TIKI (6%)
  9. Wahana (6%)
  10. Ninja Express (3%)
  11. Indah Logistik (3%)
  12. Paxel (2%)
  13. Shipper (1%)
  14. Lalamove (0%)

“Alasan utama mayoritas responden dalam memilih brand pengiriman untuk pengiriman pribadi adalah kecepatan dalam pengiriman. Berbeda untuk pengiriman belanja online, mayoritas responden memiliki dua alasan utama memilih brand, yakni keuntungan gratis ongkos kirim dan kecepatan pengiriman,” ujarnya.

Asuransi jadi pilihan

Selain itu, mayoritas responden atau sebanyak 66% menggunakan asuransi pengiriman, alasannya yakni:

  • menjaga barang dari kehilangan atau kerusakan (87%),
  • memastikan tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan (59%),
  • untuk barang-barang berharga (48%), dan
  • memastikan barang yang dikirimkan aman (35%).

Jika dilihat dari kepuasan pelanggan dari brand pengiriman, untuk pengiriman pribadi rata-rata menyebutkan puas terhadap layanan yang diberikan dengan tingkat kepuasan tertinggi dari Gojek dan Shipper. Untuk pengiriman belanja online rata-rata responden juga puas terhadap layanan yang telah diberikan oleh brand.