Comscore Tracker
BUSINESS

Porsche akan Mendirikan Startup untuk Memperluas Bisnisnya

Porsche gandeng UP.Labs demi model bisnis yang inovatif.

Porsche akan Mendirikan Startup untuk Memperluas BisnisnyaLutz Meschke, Deputy Chairman of the Executive Board of Porsche AG and Member of the Executive Board for Finance and IT/Dok. Porsche

by Desy Yuliastuti

Stuttgart, FORTUNE - Porsche mengumumkan akan segera mendirikan startup, dalam upaya mendorong bidang mobilitasnya. Mereka akan bekerja sama dengan UP.Labs, sebagai model baru untuk program yang inovatif ini.

Diketahui, produsen kendaraan sport ini telah menetapkan enam perusahaan rintisan yang akan didirikan pada tahun 2023 hingga 2025 mendatang. Bahkan mereka sudah menyepakati kerja sama tiga tahun dengan perusahaan Amerika Serikat itu dalam programnya.

Wakil Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG, Lutz Meschke mengatakan bahwa pihaknya ingin memperkuat ekosistem terkait industri otomotif dalam hasil produk barunya. Nantinya, keenam perusahaan rintisan itu akan mengembangkan mesin pertumbuhan eksternal.

“Kami mengamankan akses ke talenta internasional dan pengetahuan perusahaan rintisan tersebut. Tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan posisi kami dalam fase transformasi industri otomotif saat ini dalam jangka panjang. Di atas segalanya, kami berusaha untuk sumber inovasi baru,” ungkap Meschke, dikutip dari keterangan resmi Porsche, Kamis (9/6).
 

Investasi Porsche

Perusahaan yang telah berdiri sejak 1931 itu menginvestasikan sejumlah uang dalam menunjang kegiatan ini. Diketahui, mereka menyumbang senilai US$250 juta atau setara Rp3,6 miliar yang akan diinvestasikan oleh UP.Labs.

Porsche telah aktif sejak 2016 dalam mengidentifikasi dan mengambil saham di sekitar 40 startup dengan model bisnis baru dan teknologi baru. Yang membedakan kolaborasi baru ini adalah UP.Labs akan bekerja secara langsung dengan Porsche untuk mengembangkan startup yang disesuaikan dengan bisnis Porsche. Porsche kemudian memiliki opsi untuk mengintegrasikan mereka ke dalam organisasi.

Kedua perusahaan itu nantinya akan bekerja secara langsung untuk memperluas bisnisnya di pasar global. Adanya enam perusahaan rintisan ini, mereka yakin bisa memenuhi target pasar terkait kendaraan di industri otomotif.

“Konsepnya menggabungkan keuntungan dari pengembangan startup gratis di pasar. Misalnya, melalui partisipasi semua karyawan dalam kesuksesan perusahaan dengan keterlibatan langsung karyawan kami dan hubungan dekat dengan Porsche," ujar Meschke.

Selain itu, mereka juga berencana mengembangkan platform baru yang berbasis di Los Angeles untuk merancang platform ventura jenis baru. Platform ini bertujuan untuk menangkap semua kelincahan dan inovasi perusahaan rintisan dalam sumber daya perusahaan.

“Sebagai salah satu pelopor mobilitas berkelanjutan, Porsche secara aktif mencari solusi baru dengan keberanian dan dorongan. Pendekatan UP.Labs menggabungkan kemampuan Porsche dengan insentif pasar eksternal untuk membangun model bisnis yang menarik untuk kepentingan perusahaan,” ujarnya.

Related Topics

Related Articles