Comscore Tracker
BUSINESS

Startup Kesehatan Gigi Klar Smile Raih Pendanaan US$4,5 Juta

Putaran Pra-Seri A dipimpin East Ventures dan AC Ventures.

Startup Kesehatan Gigi Klar Smile Raih Pendanaan US$4,5 JutaAligner, salah satu produk Klar Smile/Dok. Klar Smile

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Klar Smile, Startup layanan kesehatan gigi mendapat suntikan dana senilai US$4,5 juta atau sekitar Rp66,8 miliar dalam putaran Pra-Seri A yang dipimpin East Ventures dan AC Ventures. Pendanaan diikuti Venturra Discovery dan sejumlah angel investor.

Klar Smile berencana memanfaatkan dana tersebut untuk ekspansi ke seluruh Indonesia dan mengedukasi konsumen terkait pentingnya kesehatan mulut. Perusahaan juga berencana meluncurkan sejumlah produk komplementer yang mendukung perawatan kesehatan gigi.

Menggunakan model bisnis business-to-business-to-consumer (B2B2C), Klar Smile menawarkan teknologi aligner gigi--alat perata gigi yang fungsinya serupa dengan kawat gigi/behel--kepada para dokter gigi yang menjadi mitra perusahaan. Produk aligner gigi yang ditawarkan sudah terdaftar resmi di Kementerian Kesehatan.

Untuk menjaga kualitas perawatan, Klar Smile meyakini bahwa perawatan clear aligner membutuhkan kolaborasi yang intens dengan komunitas dokter gigi, terutama perihal ilmu ortodonti. Perusahaan pun aktif berkolaborasi dengan beberapa organisasi profesi seperti Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Ikatan Ortodontia Indonesia (IKORTI) dan berpartisipasi dalam lebih dari 50 program bersama berbagai komunitas per tahunnya. 

Aplikasi untuk dokter gigi dan pasien

Klar Smile juga menyediakan aplikasi yang memungkinkan dokter gigi memantau dan berinteraksi langsung dengan pasien. Aplikasi ini diklaim dapat mengurangi jumlah kunjungan dan menghemat waktu pemeriksaan di klinik selama masa perawatan.

Manajemen Klar Smile mengeklaim sudah bekerja sama dengan lebih dari 1.000 dokter gigi dan 800 klinik gigi di berbagai wilayah. Perusahaan juga berkolaborasi dengan organisasi profesi seperti Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Ikatan Ortodonsia Indonesia (Ikorti)

Founder dan Managing Partner AC Ventures Michael Soerijadji dalam siaran pers, Slasa (31/8), mengatakan pihaknya percaya pada potensi besar yang dimiliki pasar Indonesia untuk oral wellness

Tim pendiri Klar Smile terus menerus membuat kami terkesan dengan dalamnya pemahaman yang mereka miliki atas dinamika pasar dan mewujudkannya melalui strategi-strategi bisnis,” katanya.

Partner East Ventures, Melisa Irene mengatakan, oral wellness mempengaruhi kesehatan seseorang. “Kami percaya bahwa solusi yang ditawarkan oleh Klar Smile akan membawa dampak positif dalam merevolusi kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” kata nya.

Sebelumnya, AC Ventures juga memimpin pendanaan Klar Smile dalam putaran tahap awal (seed funding) yang diumumkan akhir Juni 2021. Kenangan Fund turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan itu. Tidak disebutkan berapa nilai investasi yang diperoleh Klar Smile saat itu.

Tim pendiri Klar Smile sendiri merupakan gabungan dari sosok-sosok yang berpengalaman di bidang dental serta pengembangan brand. Perusahaan dipimpin oleh Ellen Pranata sebagai CEO dengan berbekal pengalamannya sebagai mantan konsultan McKinsey dan sebagai mantan direktur Cobra Dental, salah satu importir dan pemasok bahan dan peralatan dental terbesar di Indonesia. 

Related Articles