BUSINESS

Bidik Pasar Petrokimia, Pertamina International Shipping Tambah Armada

PIS Mahakam memiliki kapasitas muatan 8000 DWT.

Bidik Pasar Petrokimia, Pertamina International Shipping Tambah ArmadaPertamina International Shipping (PIS) Tambah Armada. (Dok PIS)

by Ekarina

26 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta - PT Pertamina International Shipping  (PIS) menambah armada khusus melalui pembelian kapal tanker small range (SR) untuk mengangkut petrokimia.

CEO PIS Yoki Firnandi mengatakan, ini merupakan salah satu langkah konkret PIS dalam pengembangan market angkutan baru di kancah global sekaligus wujud komitmen dukungan perusahaan dalam program transisi energi.

Pembelian kapal baru PIS yang dinamakan “PIS Mahakam” ini ditandatangani oleh Direktur Perencanaan Bisnis PIS Wisnu Medan Santoso dengan pihak SM Maritime, awal Agustus lalu. 

PIS Mahakam dioptimalkan untuk mengangkut kargo chemical berupa methanol, dan telah memperoleh sertifikasi IMO 2 yang diberikan oleh Organisasi Maritim Internasional (International Maritime Organization/IMO). Artinya, kapal tersebut telah memenuhi standar internasional untuk pengangkutan petrokimia. 

Saat ini kapal tengah memasuki proses docking atau perawatan untuk peningkatan kualitas operasional kapal di fasilitas galangan yang berada di Batam. Proses docking diperkirakan berlangsung hingga Oktober dan ditargetkan bisa segera berlayar.

"PIS terus melihat peluang permintaan angkutan di pasar global, di mana tren market untuk petrokimia terus meningkat, sejalan dengan upaya diversifikasi kargo. Angkutan petrokimia PIS ini juga memperkuat logistik energi yang lebih ramah lingkungan," kata Yoki dalam keterangannya, Jumat (25/8). 

Kapasitas angkut

Kapal dengan kapasitas muatan mencapai 8000 Dead Weight Ton (DWT) ini akan dioptimalkan untuk ekspansi market pengangkutan kargo methanol di pasar global.

Kehadiran PIS Mahakam menambah jumlah kepemilikan armada PIS menjadi 98 kapal dengan total 26 rute internasional yang akan terus bertambah ke depannya.

“Dengan strategi bisnis yang semakin matang, PIS terus mengembangkan lini bisnisnya untuk mencapai visi menjadi perusahaan marine logistik terkemuka di Asia, dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” katanya.

Pada Juli lalu, PIS juga membeli kapal tanker medium range (MR) yang akan dioptimalkan untuk mendukung ekspansi bisnis potensial di pasar internasional.

Chief Executive Officer (CEO) PIS, Yoki Firnandi mengatakan, kapal tanker MR yang memiliki kapasitas muatan mencapai 40.000 metrik ton (MT) tersebut diberi PIS Sumatera.

“Penamaan diambil dari nama salah satu pulau di Indonesia dengan tujuan mempromosikan pulau-pulau di Indonesia saat kapal PIS berlayar di perairan mancanegara,” ujarnya.

Penambahan armada kapal tersebut merupakan salah satu strategi investasi PIS untuk meningkatkan pangsa pasar perseroan, khususnya di luar negeri.