BUSINESS

Ekspansi Pasar ASEAN, Ruangguru Akuisisi Platform Belajar Vietnam

Ruangguru masuk pasar Vietnam pada 2019 melalui anak usaha.

Ekspansi Pasar ASEAN, Ruangguru Akuisisi Platform Belajar Vietnamdok. Ruangguru
10 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Startup teknologi pendidikan (edtech) Ruangguru mengakuisisi platform belajar online Vietnam, Mclass. Akuisisi tersebut merupakan langkah strategis Ruangguru untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kapabilitasnya di wilayah tersebut, menyusul langkah sebelumnya memasuki pasar Vietnam pada 2019 melalui anak perusahaan, Kien Guru.

Mclass yang didirikan oleh Nguyen Van Khai dan Nguyen Minh Thang pada 2019, dengan cepat menjadi salah satu platform pembelajaran daring paling populer di Vietnam. Platform ini menawarkan sesi live teaching pada mata pelajaran matematika, sains, sastra, serta persiapan perguruan tinggi seperti IELTS. 

Pendekatan inovatif Mclass mendapat respons positif terlihat dengan lebih dari 10 juta followers di media sosial para guru dan sesi live teaching guru-guru meraih 85.000 ribu peserta pelajar secara serentak serta 1 juta total replay video untuk satu sesi pembelajaran pada 2022.

Co-Founder dan CEO Ruangguru, Belva Devara mengatakan siap menyambut Mclass ke dalam keluarga Ruangguru. "Bersama dengan Kien Guru, kami yakin reputasi dan keahlian Mclass yang kuat dalam pembelajaran online dapat semakin memperluas penawaran dan meningkatkan bisnis kami di Vietnam dan di Asia Tenggara serta melengkapi rangkaian solusi pembelajaran kami," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (10/5). 

Dengan visi kami adalah menjadi perusahaan teknologi pendidikan terdepan di Asia Tenggara dia berharap akuisisi ini merupakan langkah lanjutan untuk mencapai target tersebut.

Related Topics