BUSINESS

Frugal Living Marak Diadopsi Milenial dan Gen Z, Ini Strategi Sun Life

Menyasar generasi millenial yang bijak mengelola keuangan.

Frugal Living Marak Diadopsi Milenial dan Gen Z, Ini Strategi Sun Lifeilustrasi evaluasi keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

by Ekarina

15 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Gaya hidup hemat atau frugal living marak diterapkan generasi milenial dan gen z belakangan ini. Hal itu memicu mereka meningkatkan investasi dan mengatur keuangan secara cermat untuk mencegah gaya hidup konsumtif.

Tren keuangan saat ini mengungkap fakta menarik mengenai generasi muda, terutama Gen Z dan Millennial. Mereka cenderung memiliki utang konsumerisme yang lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 

Meskipun mereka menginginkan masa tua yang nyaman, baru 30 persen dari masyarakat Indonesia yang telah sadar dan termotivasi untuk memulai investasi untuk masa pensiun. Data ini memunculkan fenomena serta tren nasihat keuangan yang mendorong konsep frugal living.

Generasi ini merespons tantangan ekonomi dengan lebih bijak, fokus pada pengelolaan anggaran yang lebih baik dan efisien. Mereka memilih pengeluaran yang benar-benar diperlukan dan mengurangi pemborosan. 

Frugal living bukan  hanya konsep tentang menghemat uang, melainkan juga tentang meningkatkan kesadaran akan keberlanjutan dan membangun jangka panjang, menciptakan stabilitas finansial yang kokoh untuk masa depan.

Perlindungan komprehensif

Perusahaan asuransi, Sun Life Indonesia menangkap kebutuhan tersebut dengan meluncurkan, Sun Proteksi Tepat (Si Tepat) untuk mendukung gaya hidup hemat atau frugal living, memberikan perlindungan jiwa yang komprehensif sekaligus mendorong menyisihkan dana untuk perencanaan masa depan  dan pengelolaan uang yang bijak.

Chief Agency Officer Sun Life Indonesia, Shierly Ge mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan solusi perlindungan yang inklusif bagi keluarga Indonesia di setiap tahapan kehidupannya. 

Sun Proteksi Tepat menurutnya mampu memberikan fleksibilitas bagi mereka yang menerapkan frugal living dalam perencanaan keuangan mereka melalui pilihan plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masa depan. 

Dengan keterjangkauan premi, masa perlindungan yang panjang, dan memberikan kepastian pengembalian premi di akhir masa perlindungan. “Si Tepat bisa menjadi solusi perlindungan jiwa tepat untuk melengkapi gaya hidup frugal living karena uang yang dikeluarkan tidak hilang begitu saja,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/10).

Selain itu, Si Tepat juga membantu memastikan keluarga tetap terjaga dengan tepat, bahkan dalam situasi yang tidak terduga. 

"Si Tepat bukan hanya memberikan perlindungan jiwa, tetapi juga membantu dalam perencanaan dana pensiun sejak dini dan perencanaan finansial lainnya. Ini adalah solusi yang tepat untuk kepastian pengembalian nilai proteksi,” ujarnya.