BUSINESS

Pengusaha Otomotif dan Pendiri Indomobil Soebronto Laras Wafat

Soebronto berpulang Rabu malam di RS Medistra, Jakarta.

Pengusaha Otomotif dan Pendiri Indomobil Soebronto Laras WafatPresiden Komisaris Indomobil dan tokoh otomotif Soebronto Laras meninggal dunia. (dok. Indomobil)

by Ekarina

21 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pengusaha otomotif yang juga Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS), Soebronto Laras meninggal dunia pada Rabu (20/9) malam di Rumah Sakit Medistra, Jakarta.

Pengusaha dan mantan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani mengonfirmasi kabar duka ini. "Iya betul, wafat tadi malam jam 20.00 WIB," kata Hariyadi dalam pesan singkat kepada Fortune Indonesia, Kamis (21/9). 

Presiden Direktur PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS), Jusak Kertowidjojo turut membenarkan kabar tersebut. "Iya betul," katanya dalam pesan singkat kepada Fortune Indonesia. 

Almarhum Soebronto Laras akan disemayamkan di rumah duka Jl. Bonang No. 7-9 Menteng, Jakarta Pusat dan dimakamkan di TPU Karet Bivak hari ini sekitar pukul 12.30 WIB.

Perjalanan Karir 

Soebronto Laras lahir pada 5 oktober 1943 di Jakarta. Ia merupakan anak kedua R. Moerdono, importir mobil Citroen, Tempo, dan Combi sejak 1949. Sedari kecil, ia  memiliki ketertarikan dengan kegiatan bengkel hingga  menjabat sebagai Direktur Utama PT. Indohero Steel & Engineering Co., dan PT Indomobil Utama sebagai perakit motor dan mobil Suzuki.

Pada 1976, Soebronto Laras bergabung dengan Indomobil Group sebagai Presiden Direktur PT lndomobil Utama. Lalu pada 1982, ia ditunjuk sebagai Direktur Utama serta pada Juni 2002 diangkat sebagai Komisaris Utama Perseroan. 

Sarjana Teknik Mesin Paisley College, Skotlandia dan Diploma of Business Administration dari Hendon College, London itu juga menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika (Bisnis Indonesia) dan Presiden Komisaris di berbagai anak perusahaan dalam kelompok usaha lndomobil.