Comscore Tracker
BUSINESS

Ada Citayam Fashion Week, Harga Properti di Dukuh Atas-Sudirman Naik?

Citayam Fashion Week tengah jadi sorotan berbagai kalangan.

Ada Citayam Fashion Week, Harga Properti di Dukuh Atas-Sudirman Naik?Warga berpose menampilkan busananya di atas zebra cross di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Sabtu (23/7). (ANTARAFOTO/Hafidz Mubarak )

by Eko Wahyudi

27 July 2022

Jakarta, FORTUNE - Kawasan taman Dukuh Atas, dan Sudirman, Jakarta, mendadak jadi ajang peragaan busana terbuka. Banyak pemuda menggunakan fesyen terbaik menyeberangi zebra cross bak model di Citayam Fashion Week.

Head of Research Jones Lang Lasalle (JLL) Indonesia, Yunus Karim, menilai fenomena Citayam Fashion Week memang tengah jadi perbincangan hangat. Namun, tren tersebut tidak banyak berpengaruh pada harga properti di kawasan Dukuh Atas, Sudirman. "Fenomena ini belum bisa dilihat dampaknya karena ini lebih ke wahana kreasi," kata Yunus dalam media briefing secara daring Rabu (27/7).

Menurutnya, harga properti di kawasan tersebut lebih dipengaruhi kemudahan akses transportasi. Adanya dua stasiun KRL dan MRT memudahkan orang untuk beraktivitas dengan transportasi umum massal.

"Sebetulnya pengaruh ini lebih fokus pada kemudahan akses. Tanpa ada fenomena ini, hub Dukuh Atas mempertemukan MRT dengan KRL, jadi lebih memudahkan orang buat beraktivitas," ujarnya.

Ada faktor lain

Yunus mengatakan harga lahan, sewa gedung atau properti di kawasan tersebut sangat relatif dari sisi kualitasnya. Artinya setiap properti memiliki kekhasannya tersendiri.

Dia menambahkan fenomena sosial ini juga tidak lantas membuat harga properti melonjak signifikan. Mengingat kenaikan harga itu sangat dipengaruhi faktor ketersediaan dan permintaan.

"Jadi kita harus lihat banyak hal, faktor supply-demand dan kita enggak bisa bilang (fenomena ini) bakal mengerek harga-harga properti," ujarnya.

Bisa jadi peluang investasi

Ilustrasi investasi.

Related Articles