BUSINESS

Isuzu Catat Penjualan 30.085 Unit pada 2023, Elf Jadi yang Terlaris

Isuzu fokus tehadap pasar kendaraan niaga dan bisnis.

Isuzu Catat Penjualan 30.085 Unit pada 2023, Elf Jadi yang TerlarisIlustrasi pameran otomotif Isuzu. (Dok.123RF)

by Eko Wahyudi

26 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) melaporkan hasil penjualan sepanjang 2023 mencapai 30.085 unit kendaraan, atau setara dengan 27,7 persen total pasar kendaraan niaga di Indonesia. Isuzu Elf menjadi produk yang terlaris tahun ini, dengan penjualan 14.000 unit.

“PT IAMI berhasil memaksimalkan sumber daya yang kami miliki serta memanfaatkan peluang-peluang usaha yang ada di tahun 2023, sehingga pangsa pasar Isuzu di segmen kendaraan niaga bisa meningkat sebesar 1,3 persen di tengah penurunan pasar yang terjadi,” kata President Director PT IAMI, Yusak Kristian Solaeman, dalam keterangannya yang dikutip, Jumat (26/1).

Selain Isuzu Elf, kendaraan yang terlaris urutan kedua adalah Isuzu Traga dengan penjualan 11.000 unit.

Peningkatan penjualan terpesat dialami oleh Isuzu Giga untuk sektor kendaraan komersial dengan 34,5 persen dan Isuzu Mu-X dari sektor light commercial yang mengalami peningkatan 94,7 persen.

Usia 50 tahun Isuzu di Indonesia

Yusak mengatakan bahwa Isuzu telah hadir di Indonesia selama 50 tahun. Kunci utama bisnis PT IAMI terus bisa bertahan selama itu adalah dengan menghadirkan harga yang kompetitif, menyediakan kendaraan yang sesuai, serta efisiensi biaya operasional yang begitu baik sehingga bisnis konsumen bisa ikut tumbuh.

“Seluruh kendaraan yang ditawarkan oleh PT IAMI juga tidak lupa didukung layanan purna jual melalui penyediaan kendaraan servis dan penyediaan produk suku cadang yang lengkap, mudah dan cepat,” ujarnya.

Pada usia setengah abad ini, PT IAMI melihat banyak peluang dan tantangan yang sudah siap untuk dihadapi. Berbagai kegiatan dan kampanye untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, serta berbagai inovasi terus dilakukan guna menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan perkembangan zaman.

“Langkah-langkah konkret yang akan diambil meliputi peningkatan portofolio produk dan penyempurnaan layanan purna jual, memaksimalkan pabrik Isuzu di Karawang, memperbesar ekosistem dan stakeholder, sampai memperkuat pilar-pilar bisnis PT IAMI,” kata Yusak.

Target penjualan Isuzu pada 2024

Pada 2024 PT IAMI menargetkan penjualan kendaraan niaga hingga 30.000 unit untuk beragam model. Kemudian, perseroan juga ingin meningkatkan pertumbuhan bisnis suku cadang hingga 11,3 persen.

PT IAMI juga berencana melakukan pengembangan utilitasi pabrik menjadi 75 persen untuk memenuhi permintaan pasar.

“Konten lokal pada produk-produk Isuzu Indonesia juga akan ditingkatkan agar bisa menghasilkan efisiensi dan efektivitas sehingga akhirnya konsumen mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar Yusak.

Target yang dicanangkan tersebut, menurut Yusak, sudah mempertimbangkan proyeksi pemerintah dalam pertumbuhan ekonomi yang di atas 5 persen.