Comscore Tracker
BUSINESS

Toyota Puncaki Pabrikan Roda Empat Terlaris di Dunia

Toyota melibas Volkswagen dalam hal penjualan mobil.

Toyota Puncaki Pabrikan Roda Empat Terlaris di DuniaDok. Shutterstock/Poring Studio

by Eko Wahyudi

31 January 2023

Jakarta, FORTUNE - Toyota Motor Corp sukses mempertahankan gelarnya sebagai produsen atau pabrikan mobil terlaris dunia pada 2022 dengan membukukan penjualan roda empat 10,5 juta unit di seluruh dunia.

Reuters melansir, Selasa (31/1), penjualan global Toyota Group itu termasuk Hino Motors dan Daihatsu. Angka penjualan otomotif ini turun tipis 0,1 persen dengan total penjualan ke luar negeri 8,6 juta unit, yang turut membantu mengimbangi penurunan pasar dalam negeri yang mencapai 9,6 persen menjadi 1,9 juta unit.

Posisi kedua merek mobil terlaris dunia 2022 dipegang oleh Volkswagen Group, yang mencatatkan penjualan terendah dalam satu dekade terakhir dengan 8,3 juta unit. Penurunan ini disebabkan lockdown Covid-19 di Cina dan perang Ukraina yang mengganggu rantai pasok.

Toyota juga mengalami kendala pasokan chip semikonduktor, tapi kondisi tersebut tidak memengaruhi permintaan atas mobilnya di Asia yang mengalami peningkatan kuat.

Peningkatan kapasitas produksi dan optimalisasi di Asia dan Amerika Utara juga membantu Toyota mendongkrak produksi globalnya hingga 5 persen pada 2022.

Tahun lalu Toyota sempat merevisi target produksi mereka pada November. Target juga sempat diturunkan pada Maret 2022 dari 9,7 juta unit menjadi 9,2 juta unit.

Toyota juga diminati di Indonesia

Untuk pasar Indonesia, penjualan mobil pada 2022 sudah tembus lebih dari 1 juta unit atau tumbuh 18,1 persen. Berdasarkan data GAIKINDO, Toyota menjadi pabrikan terlaris di Tanah Air dengan unit terjual mencapai 331.410 sepanjang 2022, meningkat 12 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kinerja penjualan itu tumbuh 35.642 unit, mengingat penjualan produsen mobil asal Jepang pada 2021 mencapai 295.768 unit.

Toyota menjelaskan beberapa faktor yang dapat mendongkrak penjualan mobil di Indonesia pada 2022. Pertama, menurutnya, pemulihan pascapandemi adalah faktor yang berkontribusi besar dalam capaian penjualan mobil tahun lalu. Setelah itu, pertumbuhan ekonomi yang stabil ini beriring dengan pertumbuhan pasar otomotif di Indonesia. 

Selain Toyota, pabrikan mobil paling laris di Indonesia adalah Daihatsu dengan 188.660 unit. Selanjutnya, Honda pada peringkat ketiga dengan angka penjualan 125.411 unit, dan Mitsubishi 97.936 unit.

Related Topics

Related Articles