BUSINESS

Sinar Mas Agribusiness and Food Dukung Transformasi Rantai Pasok

Demi dorong kemajuan dalam minyak kelapa sawit berkelanjutan

Sinar Mas Agribusiness and Food Dukung Transformasi Rantai PasokSMART SEED, Sinar Mas Agribusiness and Food dukung transformasi rantai pasok. (Dok. Sinarmas)

by EzriEzri

03 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Bali, FORTUNE – Produsen kelapa sawit, pembeli, organisasi masyarakat sipil, dan pemerintah meningkatkan kolaborasi rantai pasok berkelanjutan dalam acara SMART SEED (Social and Environmental Excellence Development) yang diselenggarakan oleh Sinar Mas Agribusiness and Food. Bertempat di Hotel Four Points, Bali, Selasa, 31 Oktober, gelaran SMART SEED yang ke-9 ini mengusung tema "Transformasi Rantai Pasok dalam Mendukung Minyak Kelapa Sawit Berkelanjutan".  

Minyak kelapa sawit, seperti banyak komoditas lainnya, terus menghadapi peningkatan permintaan dari pelanggan maupun regulator internasional untuk menunjukkan kemajuan dalam sejumlah indikator keberlanjutan. Secara global, regulasi terkait lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG) telah meningkat sebesar 155 persen dalam satu dekade terakhir. 

Salah satu yang paling menonjol adalah Peraturan Deforestasi Uni Eropa (European Union Deforestation Regulation/EUDR), yang akan melarang masuknya komoditas yang terkait dengan deforestasi atau degradasi hutan setelah Desember 2021 ke dalam wilayah tersebut dan akan diterapkan pada akhir tahun 2024. Sejumlah panduan lain mengenai pengungkapan iklim dan pelaporan keberlanjutan akan memperkuat persyaratan kepatuhan terhadap aspek-aspek keberlanjutan.

Melalui SMART SEED, Sinar Mas Agribusiness and Food mendukung para pemasok untuk menghadapi tantangan-tantangan ini melalui program edukasi dan sesi pengembangan kapasitas yang dipimpin oleh para pakar di industri, seperti Dewan Negara-Negara Penghasil Minyak Sawit (Council of Palm Oil Producing Countries/CPOPC), Verité, World Resources Institute (WRI) Indonesia, Earthworm Foundation (EF), dan perwakilan dari Sinar Mas Agribusiness and Food.

Kolaborasi sebagai kunci mengakselerasi transformasi 

SMART SEED, Sinar Mas Agribusiness and Food Dukung Transformasi Rantai PasokSMART SEED, Sinar Mas Agribusiness and Food Dukung Transformasi Rantai Pasok

Seperti yang disampaikan pada acara SMART SEED tersebut, Yong Khing Siong, Head of Traceability and Responsible Sourcing Sinar Mas Agribusiness and Food mengatakan bahwa tujuan acara ini adalah membantu para pemasok memahami perubahan terkini yang terjadi di pasar global, serta menyadari pentingnya pemenuhan persyaratan terkait munculnya sejumlah regulasi baru dalam mewujudkan rantai pasok yang berkelanjutan.  

"Sinar Mas Agribusiness and Food berkomitmen untuk membantu para pemasok kami tetap terdepan dalam memenuhi permintaan pasar melalui praktik terbaik dan dukungan teknis. Di tengah persyaratan global yang terus berubah guna memenuhi aspek keberlanjutan, termasuk di antaranya komitmen terhadap praktik nihil deforestasi, emisi karbon, dan praktik ketenagakerjaan, kami ingin memastikan bahwa setiap pemangku kepentingan di rantai pasok menjalankan perannya masing-masing dalam mendukung transformasi ini,” ucap Yong dalam pidato yang disampaikan.

Mendukung pemasok mencapai target nasional 

SMART SEED, Sinar Mas Agribusiness and Food Dukung Transformasi Rantai PasokSMART SEED, Sinar Mas Agribusiness and Food Dukung Transformasi Rantai Pasok (Dok. Sinarmas)