Comscore Tracker
BUSINESS

Mau Penghasilan Tambahan? Ini Cara Mudah Mendaftar Shopee Affiliates

Jadi afiliator Shopee bisa dapat komisi hingga Rp17 juta.

Mau Penghasilan Tambahan? Ini Cara Mudah Mendaftar Shopee AffiliatesShopee. Shutterstock/Sergei Elagin

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Menjadi affiliate marketing di era digital seperti sekarang cukup menjanjikan. Apalagi aktivitas belanja daring kian hari makin digemari masyarakat. Selain karena faktor pandemi Covid-19, yang membuat orang takut keluar rumah, kemudahan pembayaran serta harga yang lebih murah membuat orang lebih memilih membeli barang di lokapasar.

Di Indonesia, salah satu loka pasar yang cukup populer dan menyediakan program affiliate marketing adalah Shopee. Jika Anda seorang pengguna media sosial Twitter, mungkin Anda tak asing dengan para afiliator marketing yang kerap menebar tautan akun Shopee di kolom komentar sebuah tweet viral.

Cara itu adalah satu dari sekian strategi afiliator Shopee untuk mendorong calon konsumen suatu produk agar mau berbelanja melalui tautan yang mereka bagikan. Keuntungannya pun tidak main-main. Seorang afiliator Shopee dengan akun @racunhariinii pernah mengungkap pendapatannya yang mencapai Rp17,9 juta per bulan.

Lantas bagaimana cara mendaftarnya?

Cara mendaftar

Secara umum, Anda dapat mendaftar Shopee Affiliates Program dengan log in ke akun Shopee Anda. Pertama, akses https://shopee.co.id/m/affiliates pada browser Anda atau cari “Shopee Affiliates Program” melalui fitur pencarian di aplikasi Shopee.

Lalu klik ikon "daftar di sini". Setelahnya Anda akan membaca ketentuan untuk bergabung menjadi afiliator.

Perlu diketahui, biasanya pendaftaran program affiliats Shopee secara mandiri tidak mudah untuk di terima. Sebab, ada aturan minimal followers pada akun media sosial. Ini lah informasi terkait ketentuan yang akan tampil setelah Anda meng-klik ikon "daftar di sini"

Selain itu, ada pula sejumlah hal yang membuat pendaftar biasanya ditolak. Beberapa di antaranya karena kesalahan dalam memasukkan informasi pribadi pada saat pendaftaran.

Kemudian, akun media sosial Anda merupakan akun toko atau penjual atau media sosial Anda tidak aktif atau tidak terbuka untuk umum.

Anda juga berpotensi ditolak apabila dalam akun media sosial Anda terdapat konten hasil repost dari Affiliates lain, konten yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras), pornografi, serta hal lain yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Namun, jika masalahnya adalah jumlah follower media sosial Anda tetap punya kesempatan untuk mendaftar menggunakan kode tim. Kode ini bisa didapat dari beberapa affiliate Shopee yang mungkin telah mengikuti program lebih dulu.

Jika sudah yakin dengan ketentuan yang berlaku, lanjutkan proses dengan mengisi informasi yang dibutuhkan secara rinci dan benar. Salah satunya terkait informasi media sosial yang akan digunakan untuk ikut program affiliate marketing. Misalnya: https://www.faebook.com/username/ 

Jika Anda menggunakan dengan kode tim, masukkan sandi yang telah anda miliki ke kolom " Diajak oleh Affiliates Team Leader", lalu beri tanda centang pada kota bertuliskan: " saya setuju dengan persyaratan layanan & kebijakan privasi program Shopee Affiliates. 

Namun, ada baiknya untuk membaca terlebih dahulu Syarat & Ketentuan yang berlaku.

Setelah melakukan pendaftaran, mohon untuk menunggu maksimal 3 (tiga) hari kerja untuk mendapatkan email konfirmasi dan notifikasi di aplikasi Shopee. Jika pendaftaran Anda berhasil, biasanya link Shopee Anda akan berubah menjadi lebih ringkas seperti Shopee.ee/kombinasi angka dan huruf.

Setelahnya, Anda dapat mempromosikan produk-produk Shopee menggunakan link Affiliate dan mendapatkan komisi.

Related Articles