BUSINESS

PLN Gandeng BRI Kembangkan Layanan 'Kasbon' Bayar Listrik

PLN perbanyak kanal pembayaran untuk mudahkan pelanggan.

PLN Gandeng BRI Kembangkan Layanan 'Kasbon' Bayar ListrikKiri ke kanan: Edi Srimulyanti (Direktur Retail dan Niaga PLN) dan Handayani (Direktur Bisnis Konsumer BRI). (Doc: PLN)

by Hendra Friana

22 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  PT PLN (Persero) menggandeng  PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk untuk mengembangkan layanan buy now pay later untuk para pelanggannya.

Kerja sama tersebut diharapkan dapat memudahkan pelanggannya dalam membayar listriknya dengan cara kasbon atau pembayaran belakangan.

Kerja sama dua BUMN ini diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) terkait penyediaan layanan perbankan dan fasilitas pembiayaan untuk pembayaran rekening listrik di Kantor Pusat PLN Jakarta, Rabu (20/9).

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti, mengatakan PLN tidak hanya wajib memenuhi kebutuhan listrik tetapi juga memberikan kemudahan pelayanan kelistrikan kepada masyarakat. 

”Kerja sama ini merupakan titik awal kerja sama yang nantinya ke depan akan terus kita kembangkan. Ini memang sudah lama kami impikan. Dengan banyaknya channel (pembayaran) kami bisa promosi lebih gencar lagi, supaya pelanggan kita khususnya pelanggan PLN itu bisa memanfaatkan fasilitas itu,” ujar Edi dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat (22/9).

Edi berharap kerja sama tersebut dapat diikuti oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) lainnya. Dengan banyaknya opsi saluran pembayaran, pelanggan pun akan lebih mudah melakukan transaksinya.

Channel pembayaran perlu diperbanyak, sehingga bagi pelanggan kami hingga yang berada di ujung-ujung daerah, di daerah remote, dapat dengan mudah bertransaksi,” kata Edi.

Permudah skema pembayaran listrik

Edi mengatakan PLN berupaya memudahkan para pelanggannya dalam menikmati fasilitas kelistrikan dengan memberikan skema-skema pembayaran listrik terbaik. ”Era digital ini adalah era kolaborasi. Kita tidak bisa jalan sendiri,” ujar Edi.

Selain kerja sama tersebut, terjadi penandatanganan MoU lain antara PLN Icon Plus dan Bank Raya sebagai bagian dari BRI Group untuk pembiayaan transaksi online bagi pelaku industri dan bisnis.

Melalui produk Pinang Maksima milik Bank Raya, PLN berupaya memberikan kemudahan bagi para pelaku industri dan bisnis di Tanah Air dalam menikmati fasilitas kelistrikan dengan memberikan skema-skema transaksi terbaik.

Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani, berharap kerja sama di antara BUMN ini mampu memberikan manfaat lebih bagi masyarakat. BRI berkomitmen untuk terus mendukung kebermanfaatan BUMN kepada masyarakat.

Handayani optimistis kerja sama yang berlangsung dapat saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang terlibat.

”Mungkin ini yang pertama kalinya skema buy now pay later (BNPL) dan juga enterprise financing dilakukan,” kata Handayani.

Related Topics