BUSINESS

Waskita Beton Precast Raih Proyek dari Lotte Chemical Indonesia

WSBP suplai PC Beam dan PC Plank sebagai komponen JCB.

Waskita Beton Precast Raih Proyek dari Lotte Chemical IndonesiaIlustrasi pemasangan beton oleh WSBP. (Doc: Waskita Karya)

by Hendra Friana

20 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) meraih kontrak senilai Rp2,67 miliar dari PT Lotte Chemical Indonesia yang berlokasi di Cilegon, Banten.

Dalam proyek tersebut, WSBP akan memasok balok beton dan papan (PC Beam dan PC Plank) untuk proyek pembangunan jetty atau dermaga yang akan melayani pengiriman produk dari pabrik kimia, Lotte Chemical Indonesia New Ethylene Project (LINE Project).

Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary WSBP, mengeklaim penyelesaian suplai proyek ini juga mendapat dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo yang melakukan kunjungan langsung ke lokasi proyek tersebut pada 12 September lalu. 

Suplai PC Beam dan PC Plank oleh WSBP sebagai komponen jetty control building (JCB) dikhusukan pada area WP7 (Work Package 7/Paket Pekerjaan 7).

“Kami suplai untuk jetty seluas ± 1017 m2 yang bertujuan untuk mempermudah akses supply chain bahan baku material plastik curah dari kapal menuju tangki,” ujarnya.

Produk WSBP

PC Beam (pengganti balok) berfungsi untuk menerima dan meneruskan beban horizontal maupun vertikal yang diterimanya, menuju balok maupun kolom struktur untuk diteruskan ke fondasi.

Sedangkan PC plank berfungsi untuk menyalurkan beban mati maupun hidup ke rangka pendukung sehingga menambah kekakuan sebuah bangunan.

Sebanyak 65 buah produk yang terdiri dari 40 buah PC Beam dan 25 buah PC Plank diproduksi dan dikirimkan langsung dari salah satu fasilitas produksi terbesar milik WSBP di Bojonegara.

WSBP juga memproduksi produk kustomisasi sebanyak 27 tipe dari total 65 buah produk yang disuplai tersebut. Produk yang dikirimkan ini memiliki spesifikasi PC Beam dan PC Plank produk precast.

Fandy menyatakan seluruh proses produksi sudah selesai. Pengiriman PC Beam dilakukan bertahap melalui jalur darat menggunakan truk trailer, sedangkan PC Plank akan dikirimkan melalui jalur laut menggunakan tongkang secara langsung.

“Saat ini seluruh proses produksi sudah selesai 100 persen dan produk telah sampai di lokasi proyek,” ujarnya.