BUSINESS

8 Tips Jitu Menjadi Pengusaha Sukses Bagi Pemula

Dimulai dari perjuangan yang keras

8 Tips Jitu Menjadi Pengusaha Sukses Bagi PemulaIlustrasi pengusaha sukses (Unsplash/@alvinmahmudov)

by Muhammad Jordy Prayoga

30 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Menjadi pengusaha sukses tentu tidaklah mudah. Anda harus banyak mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran agar mampu menjalankan Bisnis dengan maksimal.

Telah banyak pengusaha sukses yang lahir dari perjuangan berat dalam merintis bisnisnya, sehingga tidak selalu benar apabila ada yang menganggap bahwa pengusaha yang sukses adalah karena mewarisi bisnis keluarganya.

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan oleh orang-orang yang sedang merintis atau memulai bisnis agar sukses?

Simak beberapa tips jitu menjadi pengusaha sukses berikut ini!

1. Tidak ragu memulai bisnis kecil-kecilan

Anda tentu sudah sangat familier dengan Google, bukan? Sebelum sebesar sekarang, raksasa teknologi asal AS ini dulunya dimulai dari sebuah garasi kecil.

Artinya, semua pengusaha yang telah meraih kesuksesan di masa sekarang tentu tidak lepas dari perjuangan beratnya di masa lalu.

Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu atau takut untuk memulai bisnis walaupun kecil-kecilan, karena semuanya membutuhkan proses.

Kuncinya adalah bagaimana cara Anda konsisten bertahan dan mengembangkan strategi agar bisnis yang dijalankan bisa terus berkembang.

Selain itu, perbanyak inovasi dalam mempromosikan bisnis, menjalin relasi dengan orang lain, hingga menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

2. Buat rencana bisnis yang matang

Dengan asumsi Anda sudah menentukan ide bisnis yang ingin dirintis, langkah selanjutnya adalah membuat rencana bisnis yang matang. 

Rencana bisnis ini berisi gambaran umum tentang bisnis Anda, mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan, target pasar, strategi pemasaran, hingga anggaran.

Untuk mempermudah, Anda bisa mengadopsi business model canvas, sebuah rancangan bisnis yang berbentuk visual berisi ide atau konsep bisnis.

Business model canvas memiliki visual yang ringkas, tetapi lebih efektif dibandingkan rancangan bisnis konvensional yang umumnya terdiri dari puluhan halaman.

Dengan perencanaan yang matang, ini akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis dengan lebih terarah dan efektif.

Related Topics