BUSINESS

Usaha Pecel Lele Tidak Perlu Biaya Mahal, Begini Caranya!

Pecel lele, makanan favorit sejuta umat

Usaha Pecel Lele Tidak Perlu Biaya Mahal, Begini Caranya!ilustrasi warung pecel lele (IDNTIMES.com/Anggun tifani)

by Muhammad Jordy Prayoga

10 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Siapa yang tak familier dengan warung pecel lele? Tempat makan yang telah menjamur di berbagai wilayah di Indonesia ini disukai karena praktis dan harganya terjangkau.

Meski hanya perpaduan antara ikan lele yang digoreng, sambal, dan lalapan, banyak pembeli yang datang dari berbagai kalangan sangat menyukai olahan ini.

Hal itu juga menjadi salah satu yang melatarbelakangi alasan mengapa usaha pecel lele tetap eksis dan bahkan sangat menjanjikan sampai sekarang.

Apabila Anda berminat untuk menjalankan usaha pecel lele, artikel ini akan membahas modal awal yang harus Anda siapkan serta memberikan kiat sukses dalam menjalankan bisnis.

Menilik keuntungan usaha pecel lele

Ilustrasi peluang bisnis (unsplash/@johnschno)

Pecel lele sebagai olahan khas Lamongan yang terkenal gurih dan pedas ini telah menjadi pilihan favorit bagi banyak orang.

Belum lagi, usaha pecel lele merupakan salah satu peluang bisnis yang menarik dan berpotensi menguntungkan.

Walaupun bertajuk warung pecel lele, Anda tentu sudah tahu bahwa olahan lele bukan menu satu-satunya di warung yang kerap ditemui pinggir-pinggir jalan ini.

Terdapat menu lainnya, seperti ayam goreng, bebek goreng, nasi uduk, bahkan hingga nasi goreng.

Mari lihat lebih dalam mengenai peluang usaha pecel lele dan mengapa bisnis ini bisa meraih banyak keuntungan dalam dunia kuliner.

1. Pecel lele menjadi makanan populer 

Pecel lele adalah makanan yang dicintai oleh banyak orang di Indonesia. Rasanya yang lezat, kombinasi bumbu pecel yang khas, dan segarnya sayur lalapan menjadikannya hidangan yang sangat sulit untuk tidak disukai. 

Dalam budaya makanan Indonesia, pecel lele telah menjadi salah satu makanan yang selalu mendapat tempat di hati masyarakat. Popularitas ini membuka peluang besar untuk mengembangkan bisnis pecel lele.

2. Harga yang terjangkau

Salah satu aspek menarik dalam usaha pecel lele adalah harganya yang terjangkau agar dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat.

Dalam situasi ekonomi saat ini, banyak orang mencari alternatif makanan yang enak dan terjangkau, dan pecel lele adalah salah satu pilihan terbaiknya.

Maka, tidak heran apabila Anda kerap menemui warung pecel lele di pinggir-pinggir jalan yang ramai dikunjungi pembeli.

3. Bukan makanan yang musiman

Pecel lele bukan makanan musiman seperti beberapa jenis olahan makanan lainnya yang identik dengan momen tertentu.

Dengan demikian, memiliki usaha warung pecel lele memungkinkan Anda untuk lebih fleksibel dari segi waktu operasionalnya.

4. Omzet usaha pecel lele bisa mencapai jutaan rupiah

Meski dengan harga jual yang terjangkau, omzet yang diraih para pemilik usaha warung pecel ini dapat berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah per harinya.

Itu pun, rata-rata penjual tidak buka selama sehari penuh. Banyak pula warung pecel lele yang mulai buka pada sore hari.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha pecel lele?

Ilustrasi modal usaha (unsplash/@mufidpwt)