BUSINESS

Berkunjung ke Smelter Freeport, Menaker Ida Tekankan Pentingnya K3

Peringati Bulan K3 Nasional 2024

Berkunjung ke Smelter Freeport, Menaker Ida Tekankan Pentingnya K3Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah berbincang bersama Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Jenpino Ngabdi saat peninjauan proyek pembangunan Smelter Freeport di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE, Gresik, Jawa Timur. (dok. PT Freeport Indonesia)

by RidhoRidho

15 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, IDN Times - Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah menekankan pentingnya menanamkan budaya keselamatan dan kesehatan di tempat kerja untuk meningkatkan produktivitas, sehingga dapat meningkatkan daya saing.  

Menurutnya, salah satu kunci penting dari pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan membangun budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang baik. 

Hal tersebut ia sampaikan saat membuka Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024 di Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) Gresik, Jawa Timur, Jumat (12/1).  

“Dengan adanya budaya K3 yang unggul, angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja,” kata  Menaker Ida. 

Ia pun mengatakan bahwa keberhasilan program K3 akan menekan kerugian, meningkatkan kualitas hidup dan indeks pembangunan manusia, menunjang pembangunan nasional, peningkatan daya saing nasional untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan serta peningkatan daya saing.  

“Saya mengajak semua pemangku kepentingan melakukan koordinasi, sinergi dan kolaborasi dalam upaya peningkatan kemandirian berbudaya K3 dengan terus menggelorakan K3 di setiap kesempatan,” katanya.  

BK3N 2024 mengangkat tema "Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga  Keberlangsungan Usaha". Bulan K3 berlangsung selama satu bulan yakni 12 Januari - 12 Februari. 

Pembukaan BK3N 2024 di kawasan Smelter PTFI diawali senam pekerja sehat, pemeriksaan  kesehatan, peragaan alat berat yang dilakukan oleh operator alat berat proyek Smelter PTFI, dilanjutkan dengan apel peringatan BK3N, serta atraksi pekerjaan dalam ruang terbatas.

Tinjau Smelter PTFI

Pekerja pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia berfoto bersama Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah. (dok. PT Freeport Indonesia)Pekerja pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia berfoto bersama Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah. (dok. PT Freeport Indonesia)

Usai membuka BK3N 2024, Menaker meninjau proyek pembangunan smelter yang telah mencapai 90,5 persen, sesuai target linimasa kurva-S dari pemerintah. Ida mengapresiasi PT Freeport Indonesia atas capaian lebih dari 25 juta jam kerja selamat pada proyek pembangunan smelter PTFI. 

“Itu semua bisa terlaksana karena PT Freeport Indonesia telah melaksanakan syarat-syarat K3 sesuai ketentuan perundang-undangan, maka pelaksanaan Bulan K3 Nasional kami tempatkan di PT Freeport Indonesia,” kata Ida. 

Pembangunan Smelter PTFI merupakan bagian dari dukungan terhadap program pemerintah dalam hilirisasi tambang. Smelter akan mulai beroperasi pada akhir Mei 2024 dan secara bertahap akan meningkatkan produksi hingga mencapai kapasitas penuh pada Desember 2024.  

Pabrik peleburan dan pemurnian tembaga yang memiliki kapasitas produksi 1,7 juta dry metric ton (dmt) konsentrat tembaga ini, akan menghasilkan katoda tembaga hingga 600.000 ton per tahun. 

Wakil Presiden Direktur PTFI Jenpino Ngabdi mengatakan, aspek keselamatan menjadi yang utama dalam seluruh kegiatan operasi PTFI. Setiap karyawan menjalankan nilai-nilai SINCERE dalam bekerja, dan menempatkan Safety sebagai prioritas utama. 

“Perusahaan memastikan karyawan menjunjung tinggi keselamatan dalam menjalankan setiap aktivitas perusahaan,” katanya. 

SINCERE merupakan singkatan dari nilai-nilai inti perusahaan, yang terdiri dari Safety/Keselamatan, Integrity/Integritas, Commitment/Komitmen, Respect/Rasa Hormat,dan Excellence/Keunggulan. Nilai-nilai ini menjadi pedoman perilaku yang diinternalisasi dalam bisnis dan budaya perusahaan, serta terintegrasi pada semua level unit bisnis.

Sementara itu peringatan BK3N 2024 juga berlangsung di area kerja PT Freeport Indonesia, di Kabupaten Mimika, Papua. Upacara BK3N 2024 dilaksanakan di area pabrik pengolahan bijih (SAG #3 Mile Post 74) dan dihadiri oleh perwakilan karyawan, kontraktor, dan perusahaan mitra PTFI. 

Kepala Teknik Tambang PTFI, Carl Tauran menyampaikan pesan serupa, menekankan pentingnya keselamatan kerja sebagai prioritas utama dalam setiap aktivitas. 

“Kerja sama yang erat antar karyawan sangat dibutuhkan untuk mewujudkan budaya kerja yang sehat dan selamat. Masing-masing kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan diri kita, rekan kerja, dan seluruh entitas perusahaan kita bekerja dengan selamat,” kata Carl. (WEB)