BUSINESS

Pelita Air Tambah Rute Penerbangan ke Banjarmasin

Maskapai tersebut kini memiliki 9 rute penerbangan.

Pelita Air Tambah Rute Penerbangan ke BanjarmasinPeluncuran Rute Penerbangan Jakarta ke Banjarmasin Pelita Air/Dok Pelita Air

by Suheriadi

06 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta,FORTUNE-  Pelita Air menambah rute penerbangan dengan tujuan domestik yakni Jakarta–Banjarmasin.

Penerbangan perdana (inaugural flight) untuk rute tersebut terselenggara pada 1 November 2023. 

Direktur Utama Pelita Air, Dendy Kurniawan, mengatakan Kota Banjarmasin terpilih sebagai tujuan untuk rute terbaru karena dianggap memiliki potensi pasar yang menarik, baik dari segi jumlah penumpang potensial maupun permintaan perjalanan udara yang signifikan. 

Selain itu, Kota Banjarmasin juga dapat menjadi penghubung untuk wilayah tengah dan timur Indonesia, sehingga diharapkan rute penerbangan dapat memberikan layanan lebih luas kepada masyarakat. 

"Hadirnya Pelita Air di Banjarmasin tentunya dengan mempertimbangkan outlook performa rute penerbangan dan pertumbuhan demand penumpang. Pembukaan rute baru ini juga menjadi proyeksi optimisme perseroan yang tentunya akan lebih ditingkatkan," kata Dendy melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Senin (6/11). 

Ini jadwal penerbangan Jakarta-Banjarmasin Pelita Air 

Ilustrasi : pesawat milik Pelita Air. (Dok. Pertamina)

Dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi atau Silver Class, Pelita Air mengoperasikan layanan penerbangan reguler rute Jakarta–Banjarmasin–Jakarta setiap hari. 

Jadwal keberangkatan Jakarta-Banjarmasin pukul 10.30 WIB dan tiba pukul 13.30 WITA, sedangkan untuk Banjarmasin-Jakarta terbang pada 14.10 WITA dan tiba 15.15 WIB dalam frekuensi satu kali per hari penerbangan. 

Dendy mengatakan penerbangan perdana ke Banjarmasin tersebut menerapkan perhitungan offset atas carbon footprint yang dihasilkan. Ini selaras dengan komitmen Pelita Air untuk menjalankan praktik penerbangan yang lebih hijau via penerapan kebijakan netral karbon yang memungkinkan penerbangan ini untuk lebih berkelanjutan.

Pelita Air kini miliki 9 rute penerbangan 

Penambahan Armada ke-8 Pelita Air/Dok Pelita Air