BUSINESS

Pertamina Lubricant Perkuat Ekspor Oli ke Negeri Afrika

Potensi pertumbuhan industri oli di Afrika cukup besar.

Pertamina Lubricant Perkuat Ekspor Oli ke Negeri AfrikaPekerja Pertamina Hulu Rokan. (Dok: Pertamina)

by Suheriadi

08 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Pertamina Lubricants memperkuat ekspor produk-produk oli di Afrika Selatan. Anak perusahaan Subholding Commercial & Trading Pertamina ini membawa produk-produk oli kelas dunia seperti Pertamina Fastron, Enduro, Meditran hingga Mesran di Afrika Selatan sejak tahun 2014.  

"Kami terus mengembangkan strategic partnership dengan beberapa jaringan spare part shop yang memiliki ratusan outlet di seluruh wilayah Afrika Selatan sekaligus membangun jaringan bengkel own-channel Pertamina Lubricants," kata VP Sales Overseas Pertamina Lubricants Syafaat Jajuli melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (8/9). 

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan sponsorship ke berbagai event motorsport di Killarney International Raceway yang kerap menjadi area balap motocross, karting, drag race dan truck race

Potensi pertumbuhan industri oli di Afrika cukup besar 

Alam di Afrika. (Shutterstock/ModernNomad)

Syafaat mengatakan, potensi pertumbuhan industri oli di benua Afrika pun masih tinggi dan diprediksikan akan meningkat 4 persen atau naik menjadi 1,24 miliar liter di tahun 2026, menurut laporan dari Mordor Intelligence.  

Strategi untuk masuk di pasar Afrika merupakan bagian dari rencana jangka panjang Pertamina Lubricants dalam pengembangan pasar overseas salah satunya dengan membangun hubungan distributor yang kuat melalui country distributor Indolube Pty Ltd.  

Syafaat menambahkan, dengan oli berkualitas dunia, Pertamina Lubricants memiliki pengalaman, kompetensi dan kapabilitas untuk masuk dan tumbuh di 14 negara lainnya di dunia, seperti Australia, Thailand, Vietnam, Bangladesh, Jepang, Myanmar, dan masih banyak lagi. Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk terus berekspansi dan semakin go global.